logo Kompas.id
Politik & HukumPerang Gagasan Menempa Pimpinan TNI AD Masa Depan

Perang Gagasan Menempa Pimpinan TNI AD Masa Depan

Seskoad, tempat para perwira TNI AD kembali mempertajam kemampuan kepemimpinannya dalam militer, mengedepankan budaya membaca, menulis, dan diskusi. Tugas-tugas bagi para siswanya pun menonjolkan analisis masalah.  

Oleh
Tatang Mulyana Sinaga/Edna C Pattisina
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/TATANG MULYANA SINAGA

Perwira siswa Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) angkatan ke-61 mengikuti kuliah Studi Kawasan di Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (23/9/2021). Para perwira menengah itu menempuh pendidikan selama enam bulan di Seskoad untuk diproyeksikan menjadi pimpinan TNI AD di masa depan.

Perang gagasan memanaskan suasana kelas Studi Kawasan di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad), Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis pagi, 23 September lalu. Mengesampingkan pangkat, senioritas, dan jabatan, para perwira siswa angkatan ke-61 tak ragu beradu argumen berdasarkan teori, analisis, dan pengalaman. Perdebatan akademis itu menjadi modal menempah pimpinan TNI di masa depan.

Pagi itu, perwira siswa (pasis) Letkol Caj Gaudensia Diana dan rekan-rekannya yang tergabung dalam kelompok 1 mendapat kesempatan perdana memaparkan peran TNI dalam mengelola perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan. Masalah batas wilayah dan perdagangan manusia menjadi isu utama.

Editor:
Madina Nusrat
Bagikan