logo Kompas.id
Politik & HukumKeterbukaan Informasi Jaga Kepercayaan Publik ke Pemerintah

Keterbukaan Informasi Jaga Kepercayaan Publik ke Pemerintah

Implementasi keterbukaan informasi publik yang baik menjadi salah satu alat ukur legitimasi pemerintah di mata rakyat. Hal ini sekaligus menjadi fondasi penting demokrasi.

Oleh Cyprianus Anto Saptowalyono
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RIZA FATHONI

Pelajar SMP membubuhkan tanda tangan di spanduk seruan keterbukaan informasi dalam rangka Hari Hak Untuk Tahu Internasional, di Silang Monas, Jakarta, Sabtu (28/9/2013).

JAKARTA, KOMPAS — Pemerintah bertanggung jawab memastikan informasi yang beredar secara meluas adalah benar, sehat, dan tidak menyesatkan. Di sisi lain, pemerintah juga dituntut mampu menjaga informasi yang bersifat individual, ketat, dan terbatas agar tidak beredar luas dan digunakan untuk kepentingan pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Implementasi keterbukaan informasi publik yang baik menjadi salah satu alat ukur legitimasi pemerintah di mata rakyat dan menjadi fondasi penting demokrasi. Kepercayaan dan akuntabilitas publik terhadap kebijakan pemerintah dapat dipertahankan melalui pelaksanaan keterbukaan informasi publik. Sementara itu, bagi masyarakat, terbukanya informasi diharapkan membuat mereka lebih sadar informasi dan secara umum memahami berbagai kebijakan pemerintah.

Editor: Antony Lee
Bagikan
Memuat data..