logo Kompas.id
Politik & HukumRasionalisasi Sejumlah Komponen Belanja Daerah untuk Budaya Kerja Baru

Rasionalisasi Sejumlah Komponen Belanja Daerah untuk Budaya Kerja Baru

Anggaran untuk perjalanan dinas yang bisa mencapai triliunan rupiah, misalnya, diminta Kemendagri untuk dirasionalisasikan guna menopang budaya kerja baru sebagai imbas pandemi Covid-19.

Oleh PRAYOGI DWI SULISTYO
· 1 menit baca
Memuat data...
DOKUMENTASI KEMENDAGRI

Persentase anggaran belanja perjalanan dinas terhadap anggaran belanja ABPD Provinsi se-Indonesia Tahun Anggaran 2021. Kementerian Dalam Negeri mencatat, pada tahun 2021 total APBD provinsi yang dialokasikan untuk perjalanan dinas sebesar Rp 9,4 triliun.

JAKARTA, KOMPAS — Pemerintah daerah diharapkan mengoptimalkan anggarannya untuk kebutuhan teknologi informasi. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan merasionalisasi anggaran perjalanan dinas untuk infrastruktur teknologi informasi seperti membangun base transceiver station atau BTS demi mengatasi kendala jaringan internet di daerahnya.

Melalui Surat Edaran Nomor 910/4350/SJ tentang Kebijakan Dalam Penyusunan APBD tahun anggaran (TA) 2022, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian telah meminta pemerintah daerah (pemda) mengubah budaya kerja baru dengan memanfaatkan teknologi digital dalam bekerja.

Editor: Antonius Ponco Anggoro
Bagikan
Memuat data..