logo Kompas.id
Politik & HukumPemiluDesa Peduli Pemilu Diharapkan Tingkatkan Kualitas Partisipasi Pemilih Desa

Desa Peduli Pemilu Diharapkan Tingkatkan Kualitas Partisipasi Pemilih Desa

Pemerintah meluncurkan program Desa Peduli Pemilu. Peran aktif masyarakat diharapkan akan berdampak pada legitimasi penyelenggaraan pemilu. Karena itu, pendidikan pemilih yang berkesinambungan perlu terus ditingkatkan.

Oleh PRAYOGI DWI SULISTYO
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/PRAYOGI DWI SULISTYO

Komisi Pemilihan Umum meluncurkan program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan di Jakarta, Jumat (20/8/2021). Program ini merupakan sarana pendidikan pemilih yang berkesinambungan untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian terhadap pemilu demi meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan.

Upaya meningkatkan kualitas pemilu terus dilakukan tak hanya di kota, tetapi juga di desa. Alasannya tak lain bukan hanya untuk penguatan demokrasi, melainkan juga pemilu yang bersih dan jauh dari kepentingan politik uang. Diyakini, peran aktif masyarakat akan berdampak pada legitimasi terhadap penyelenggaraan pemilu. Karena itu, pendidikan kepada pemilih yang berkesinambungan dibutuhkan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu dan pemilihan.

Masyarakat desa pun tak kalah pentingnya mendapatkan pengetahuan dan pendidikan politik agar tidak terjebak dalam pelanggaran seperti politik uang.

Editor: suhartono
Bagikan
Memuat data..