logo Kompas.id
Politik & HukumCerita Prabowo tentang Soeharto, LB Moerdani, dan Emak-emak

Cerita Prabowo tentang Soeharto, LB Moerdani, dan Emak-emak

Dalam buku ”Kepemimpinan Militer-Catatan dari Pengalaman Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto”, beberapa cerita Prabowo yang bersifat personal menjadi sedikit potongan ”puzzle” tentang militer dan politik di era Orde Baru.

Oleh Edna C Pattisina
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ALIF ICHWAN

Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto (kedua dari kanan) saat menghadiri peringatan HUT Ke-12 Gerindra di kantor DPP Partai Gerindra, Jakarta Selatan, Kamis (6/2/2020).

Prabowo Subianto adalah sosok yang berada di tengah pusaran kekuasaan. Tidak saja berasal dari keluarga elite, ia juga menjadi menantu Soeharto pada saat Presiden kedua RI itu di puncak kekuasaan. Ia juga menjadi bagian dari kekuasaan Orde Baru yang seakan tak terkalahkan. Sayangnya, Prabowo jarang mengungkap ke publik apa yang terjadi di masa itu termasuk hari-hari terakhir sebelum Soeharto lengser ke prabon.

Oleh karena itu, buku Kepemimpinan Militer-Catatan dari Pengalaman Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto menjadi menarik. Walaupun tema buku ini tentang pelajaran kepemimpinan dalam militer, beberapa cerita Prabowo yang bersifat personal menjadi sedikit potongan puzzle tentang militer dan politik pada masa Orde Baru.

Editor: Antonius Ponco Anggoro
Bagikan
Memuat data..