logo Kompas.id
Politik & HukumKementerian Desa Akselerasi Pencairan BLT Desa

Kementerian Desa Akselerasi Pencairan BLT Desa

Pemerintah pusat tak berencana mengambil alih penyaluran BLT desa. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi telah mengambil langkah-langkah untuk mempercepat penyaluran.

Oleh IQBAL BASYARI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Suasana antrean warga mengambil bantuan sosial tunai untuk pencairan bulan Februari di Kantor Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/2/2021).

JAKARTA, KOMPAS — Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi mengakselerasi pencairan bantuan langsung tunai desa yang pencairannya saat ini mandek di pemerintah daerah. Namun, jika pemerintah pusat akan mengambil alih penyaluran BLT desa, termasuk anggaran vaksinasi, Dewan Perwakilan Rakyat mendukung langkah tersebut.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengatakan, pemerintah pusat tidak berencana mengambil alih penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) desa. Pihaknya kini memitigasi risiko bagi desa-desa yang tidak menjalankan kewajiban pemanfaatan dana desa untuk urusan kemanusiaan yang menjadi prioritas utama pemanfaatan dana desa 2021.

Editor: Antonius Ponco Anggoro
Bagikan
Memuat data..