logo Kompas.id
Politik & HukumJalan Buntu Perlindungan Data Pribadi

Jalan Buntu Perlindungan Data Pribadi

Kebuntuan pembahasan RUU Perlindungan Data Pribadi akan melanggengkan kebocoran data pribadi, bahkan jual beli data pribadi. Harus segera dicari titik temu agar RUU bisa segera disahkan.

Oleh RINI KUSTIASIH
· 1 menit baca
Memuat data...

Pembahasan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi menjadi RUU yang paling lama dibahas dalam masa persidangan DPR tahun 2020-2021. Dalam lima masa sidang sepanjang tahun itu, RUU yang krusial tersebut belum tuntas dibahas, bahkan berakhir pada kebuntuan. Kebuntuan yang memantik kekhawatiran RUU batal dituntaskan. Padahal, kebocoran data pribadi, bahkan jual beli data, semakin marak terjadi.

Tarikan di antara dua kepentingan, yakni pemerintah dan DPR, dalam pembahasan RUU Perlindungan Data Pribadi (PDP) mencapai puncaknya ketika dalam rapat konsinyering pada 29-30 Juni 2021 tak tercapai kata sepakat menyangkut otoritas pengawas perlindungan data pribadi. Sejak semula, persoalan ini sudah diprediksikan akan menjadi pemicu deadlock atau kebuntuan lantaran aspirasi pemerintah dan DPR yang bertolak belakang.

Editor: Antonius Ponco Anggoro
Bagikan
Memuat data..