logo Kompas.id
Politik & HukumPemiluDisiapkan, Desain Surat Suara Lebih Sederhana

Disiapkan, Desain Surat Suara Lebih Sederhana

KPU RI mengkaji penyederhanaan surat suara untuk lima jenis pemilihan menjadi maksimal tiga surat suara. Di sisi lain, KPU didorong mendesain satu surat suara untuk lima pemilihan.

Oleh PRAYOGI DWI SULISTYO/IQBAL BASYARI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/JUMARTO YULIANUS

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) memperlihatkan surat suara tidak sah kepada saksi pasangan calon saat penghitungan suara di TPS 007 Kelurahan Basirih Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (28/4/2021).

JAKARTA, KOMPAS - Desain surat suara Pemilu 2024 yang mencakup lima jenis pemilihan rencananya akan disederhanakan untuk efisiensi penyelenggara pemilu dan memudahkan pemilih. Namun, penyederhanaan surat suara itu harus diikuti sosialisasi masif dan dilakukan jauh hari agar pemilih tak terkejut dan menyebabkan banyaknya surat suara tidak sah.

Komisi Pemilihan Umum RI saat ini masih melakukan kajian dan uji coba alternatif desain surat suara  Pemilu 2024 yang terdiri dari pemilihan presiden, pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat, DPRD provinsi, serta  DPRD kabupaten/kota.

Editor: Antony Lee
Bagikan
Memuat data..