logo Kompas.id
Politik & HukumWapres: Pancasila Tak Bertentangan dengan Islam

Wapres: Pancasila Tak Bertentangan dengan Islam

Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila merupakan hasil konsensus bersama para pendiri bangsa yang juga terdiri dari ulama dan tokoh Islam. Karena itu, tidak seharusnya Pancasila dan Islam dipertentangkan.

Oleh
Nina Susilo
· 1 menit baca
Memuat data...
BPMI SEKRETARIAT WAPRES

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menjelaskan konsep darul mitsaq atau negara kesepakatan dalam peluncuran buku Darul Mitsaq-Indonesia Negara Kesepakatan yang diselenggarakan Universitas Negeri Jakarta. Acara ini sekaligus menjadi bagian Dies Natalis Ke-57 UNJ.

JAKARTA, KOMPAS — Wakil Presiden Ma’ruf Amin kembali mengingatkan bahwa Pancasila yang telah disepakati para pendiri bangsa sebagai dasar negara tidak bertentangan dengan Islam. Oleh karena itu, setiap warga negara tidak boleh mempertentangkan Pancasila dengan agama apa pun, termasuk Islam.

”Kita tidak boleh mempertentangkan Pancasila dan agama atau memerintahkan memilih (antara) ’Pancasila atau Al Quran’,” kata Wapres Amin dalam peluncuran dan bedah buku Darul Mitsaq-Indonesia Negara Kesepakatan yang diselenggarakan secara daring dan luring, Senin (7/6/2021).

Editor:
Anita Yossihara
Bagikan