logo Kompas.id
Politik & HukumSaat Ini Bola Ada di Pemerintah Daerah...

Saat Ini Bola Ada di Pemerintah Daerah...

Guna mengendalikan penularan Covid-19, pengetatan aktivitas publik dinilai wajib dilakukan agar konsisten dan konsekuen lewat kebijakan larangan mudik. Untuk mengendalikannya, kini bolanya ada di pemerintah daerah.

Oleh CYPRIANUS ANTO SAPTOWALYONO
· 1 menit baca
Memuat data...
TANGKAPAN LAYAR

Tangkapan layar acara Satu Meja the Forum bertajuk ”Hari Raya dan Ancaman Ledakan Korona” yang disiarkan oleh Kompas TV, Rabu (5/5/2021) malam. Diskusi yang dipandu Wakil Pemimpin Umum Kompas Budiman Tanuredjo itu diikuti sejumlah narasumber lainnya, yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Juru Bicara Kementerian Paerhubungan Adita Irawati, Kepala Bidang Komunikasi Satgas Penanganan Covid-19 Hery Trianto, serta Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia Hermawan Saputra.

Ada kekhawatiran momen Lebaran 2021 dapat memicu lonjakan kasus Covid-19. Kekhawatiran ini tidak lepas dari animo sebagian masyarakat untuk tetap mudik meski ada kebijakan pelarangan mudik. Tempat wisata yang tetap buka pada masa larangan mudik pun menimbulkan kegamangan tersendiri di tengah ikhtiar mencegah penularan Covid-19.

Survei Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada Maret 2021, sebelum terbit larangan mudik, menunjukkan 11 persen responden atau diestimasi 27,6 juta orang akan mudik. Sementara 89 persen lainnya menyatakan tidak akan mudik.

Editor: Madina Nusrat
Bagikan
Memuat data..