logo Kompas.id
Politik & HukumAdakah Kejutan di Perombakan Kabinet?

Adakah Kejutan di Perombakan Kabinet?

Politik nasional kembali riuh isu dengan perombakan pasca-persetujuan perubahan nomenklatur kementerian. Berbagai spekulasi muncul. Rabu Paing ini yang diduga bakal dilakukan ternyata tidak karena perpres belum ada.

Oleh ANITA YOSSIHARA/ NINA SUSILO/SUHARTONO
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin memimpin rapat dengan menteri kabinet dan pimpinan lembaga pemerintahan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Pertemuan itu digelar untuk membahas dampak wabah virus korona baru-baru ini terhadap perekonomian Indonesia. Presiden meminta langkah fiskal untuk mendongkrak perekonomian, khususnya pariwisata, dan menyarankan diadakannya lebih banyak konferensi di kawasan wisata yang biasanya menerima banyak wisatawan dari China.

Jagat politik nasional kembali riuh dengan isu perombakan atau reshuffle kabinet menyusul persetujuan perubahan nomenklatur kementerian dari DPR awal April lalu. Berbagai spekulasi bermunculan, mulai dari waktu reshuffle kabinet, kementerian yang dibongkar pasang, hingga nama-nama menteri yang akan masuk dan keluar.

Sehari sebelum Rabu (21/4/2021) dengan pasaran Paing, isu bongkar pasang kabinet semakin santer terdengar. Banyak yang menduga Presiden Joko Widodo akan mengumumkan perombakan kabinet pada Rabu ini. Maklum, sejak memimpin pada 2014 bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla, Jokowi selalu mengambil keputusan penting pada Rabu.

Editor: Suhartono
Bagikan
Memuat data..