logo Kompas.id
Politik & HukumTahun Ini, Mereka Kembali Mencoba Peruntungan Menjadi Aparatur Sipil Negara

Tahun Ini, Mereka Kembali Mencoba Peruntungan Menjadi Aparatur Sipil Negara

Perekrutan calon pegawai negeri sipil sudah di depan mata. Sebagian warga kembali bersiap memperebutkan posisi yang bakal ditawarkan pemerintah.

Oleh FAJAR RAMADHAN
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Para peserta penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bergantian melakukan registrasi dan verifikasi ulang untuk mengikuti seleksi kompetensi dasar di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020). Penerimaan CPNS Pemprov DKI Jakarta diikuti 50.528 pelamar. Peserta yang lolos seleksi akan mengisi 3.390 formasi CPNS tahun 2019 di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Seleksi kompetensi dasar berlangsung hingga Minggu (23/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS — Sejumlah pelamar untuk posisi aparatur sipil negara mulai mempersiapkan diri mengikuti ujian calon pegawai negeri sipil 2021. Ancaman pemutusan hubungan kerja di masa pandemi Covid-19 membuat keinginan menjadi abdi negara semakin memuncak.

Pemerintah telah membuka peluang rekrutmen 1,3 juta aparatur sipil negara (ASN) pada tahun 2021. Formasi akan diumumkan pada Maret ini, sedangkan proses seleksi berlangsung pada Juni. Total 1,3 juta ASN ini meliputi tiga kebutuhan, yakni 1 juta guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), 189.000 jabatan selain guru di pemerintah daerah, dan 83.000 jabatan untuk instansi pemerintah pusat.

Editor: Agnes Rita
Bagikan
Memuat data..