logo Kompas.id
Politik & HukumFormalitas dan Soliditas Calon Kapolri

Formalitas dan Soliditas Calon Kapolri

DPR telah menyetujui Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjadi Kepala Polri. Tantangan mewujudkan transformasi kepolisian menuju ”Polri presisi” di depan mata. Soliditas internal Polri menentukan pencapaiannya

Oleh BOW/REK/NAD
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Wawan H Prabowo

Para Pimpinan DPR RI (dari kiri ke kanan) Rachmad Gobel, Azis Syamsuddin, Puan Maharani, Sufmi Dasco Ahmad, dan Muhaimin Iskandar bersiap untuk foto bersama Komjen Listyo Sigit Prabowo di akhir Rapat Paripurna ke-12 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2020-2021 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/1/2021).

Tinggal selangkah lagi, Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan menjadi kepala Polri. Tinggal menanti pelantikan oleh Presiden Joko Widodo. Proses pencalonan Listyo terbilang sangat mulus. Puja-puji anggota DPR dan kehadiran sederet pejabat tinggi korps Bhayangkara pun tak lepas dari tontonan.

Dukungan bulat dari sembilan fraksi di DPR didapati Listyo Sigit dalam uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test), Rabu lalu (20/1/2021). Sebenarnya, hal itu tak begitu mengherankan. Pasalnya, sejak awal, sejumlah fraksi telah menunjukkan nada positif terhadap pengajuan nama Listyo sebagai calon tunggal kapolri, yang diajukan Presiden Joko Widodo.

Editor: Susana Rita Kumalasanti
Bagikan
Memuat data..