logo Kompas.id
Politik & HukumSaatnya Berkonsolidasi

Saatnya Berkonsolidasi

Tahun 2021 menjadi momentum tepat memulai proses konsolidasi politik elite di pusat dan daerah. Tujuannya satu: agar Indonesia bangkit dari dampak multidimensi pandemi Covid-19.

Oleh Dedy Afrianto/Litbang Kompas
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Petugas di TPS 46, Kelurahan Pakujaya, Serpong Utara, Tangerang Selatan, melakukan penghitungan suara pada Pilkada Kota Tangerang Selatan, Selasa (9/12/2020).

Dalam empat tahun terakhir, Indonesia menggelar empat pesta demokrasi berskala besar, yakni Pilkada Serentak 2017, Pilkada Serentak 2018, Pemilu Serentak Nasional 2019, serta Pilkada Serentak 2020. Layaknya sebuah pesta, gelaran itu turut menyita energi bangsa, baik pada tataran elite politik maupun masyarakat di akar rumput.

Setelah menggelar hajatan politik selama empat tahun berturut-turut, tahun 2021 merupakan tahun pertama tanpa agenda kontestasi nasional ataupun lokal bagi bangsa Indonesia. Momen ini menjadi saat yang tepat untuk kembali merajut kerja sama dan proses konsolidasi politik lintas elite dan akar rumput. Konsolidasi politik merupakan hal utama yang diharapkan masyarakat terhadap para tokoh politik dan pemerintahan pada 2021.

Editor: Susana Rita Kumalasanti, Antony Lee
Bagikan
Memuat data..