logo Kompas.id
Politik & HukumSudah Setahun, MK Didesak Segera Putus Uji Formil UU KPK

Sudah Setahun, MK Didesak Segera Putus Uji Formil UU KPK

Mahkamah Konstitusi diminta segera memutus uji formil dan materi UU KPK. Diharapkan, putusan perkara tersebut dapat dijatuhkan pada Desember atau sebelum MK sibuk menangani perkara sengketa pilkada.

Oleh DIAN DEWI PURNAMASARI
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Heru Sri Kumoro

Gedung Mahkamah Konstitusi di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Sabtu (29/8/2020). 

JAKARTA, KOMPAS — Pengujian formil Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi di Mahkamah Konstitusi sudah berlangsung selama satu tahun. Namun, hingga saat ini, MK belum mengeluarkan putusan terhadap uji formil tersebut. Ada tujuh uji formil dan materi revisi UU KPK yang ditangani oleh MK.

Berdasarkan pelacakan dari laman resmi MK, pengujian formil UU No 19/2019 dengan nomor perkara 79/PUU-XVII/2019 mulai diajukan pada 20 November 2019. Perkara itu diajukan oleh mantan pimpinan KPK, Agus Rahardjo, Laode Muhammad Syarif, dan Saut Situmorang. Setelah diajukan, perkara kemudian diregistrasi enam hari berikutnya pada 26 November 2019. Pemeriksaan perkara selesai sejak Juni 2020. Kini, perkara tersebut sudah memasuki tahapan penyerahan perbaikan jawaban dan keterangan. Setelah itu, baru perkara akan dibahas dalam Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) sebelum sidang pengucapan putusan.

Editor: Susana Rita Kumalasanti
Bagikan
Memuat data..