logo Kompas.id
Politik & HukumSaat ”Panca Main” Jadi Alat Kenalkan Pancasila kepada Anak-anak

Saat ”Panca Main” Jadi Alat Kenalkan Pancasila kepada Anak-anak

Indoktrinasi Pancasila sebagai model yang pernah diterapkan pemerintah Orde Baru melalui P4 jangan terulang kembali. Lewat permainan anak-anak, Panca Main, BPIP mencoba menguatkan ideologi dan nilai-nilai Pancasila.

Oleh DIAN DEWI PURNAMASARI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/DIAN DEWI PURNAMASARI

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) meluncurkan program Panca Main Indonesia, program penanaman nilai-nilai luhur Pancasila melalui permainan anak tradisional, Jumat (20/11/2020).

Ini merupakan bagian dari program Panca Main Indonesia yang diluncurkan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) tepat pada Hari Anak, Jumat (20/11/2020), di Jakarta. Sejak lama, sebagai salah satu permainan  tradisional, gasing sudah dikenal lekat di dunia anak-anak Indonesia. Hanya dengan sedikit modifikasi, gasing bisa digunakan sebagai media sosialisasi nilai-nilai luhur Pancasila. Inilah hal sederhana yang sudah jarang didapatkan anak-anak sejak era Reformasi 1998 silam.

Sejauh ini, di dunia pendidikan, mata pelajaran Pancasila telah dihapus dari mata pelajaran pokok sekolah dan perguruan tinggi. Apalagi, tumbangnya rezim otoriter Orde Baru ikut pula mencabut Ketetapan MPR Nomor II Tahun 1978 tentang  Ekaprasetia Pancakarsa, yang menjabarkan kelima asas  Pancasila menjadi 36 butir pengamalan sebagai pedoman praktis bagi pelaksanaan Pancasila.

Editor: Suhartono
Bagikan
Memuat data..