logo Kompas.id
Politik & HukumAntisipasi Ketidakpuasan...
Iklan

Antisipasi Ketidakpuasan Publik

Survei Indo Barometer menunjukkan kepuasan publik selama setahun pertama periode kedua pemerintahan Joko Widodo lebih baik dibandingkan setahun pertama periode pertama. Antisipasi ketidakpuasan yang mulai meningkat.

Oleh
NIKOLAUS HARBOWO
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/qxV-eIiHkPWQCRZuubkHCG8uHBU=/1024x683/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F11%2F20201103LAS-Presiden-Merdeka-Belajar_1604398037.jpg
SEKRETARIAT PRESIDEN

Presiden Joko Widodo memberikan pidato pada peluncuran program Merdeka Belajar Episode 6 secara virtual di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Selasa (3/11/2020).

JAKARTA, KOMPAS — Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja satu tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo di periode kedua lebih baik dibandingkan satu tahun di periode pertama. Meskipun demikian, pemerintah diharapkan tidak lantas melupakan sejumlah persoalan yang rentan mengikis tingkat kepuasan tersebut.

Berdasarkan survei Indo Barometer pada 1.200 responden di 34 provinsi, tingkat kepuasan masyarakat selama satu tahun pemerintahan Jokowi di periode kedua sebesar 64,6 persen. Survei tersebut dilakukan pada 10-17 Oktober 2020. Ada beberapa faktor yang meningkatkan rasa kepuasan masyarakat, yaitu kerja nyata, merakyat, dan pembangunan infrastruktur.

Editor:
Antonius Ponco Anggoro
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000