logo Kompas.id
Politik & HukumPersoalan Tata Kelola yang...
Iklan

Persoalan Tata Kelola yang Terus Berulang

Di atas panggung pemerintahan, persoalan tata kelola berulang dipertontonkan. Dari mulai kebijakan salah kamar hingga kebijakan yang inkonsisten. Tak hanya membingungkan, hal itu juga berdampak pada pencapaian target

Oleh
FX Agung Laksana AS
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/7GpUEdakFCQ52q1YIS_43vRXNOs=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F06%2F20200619_ENGLISH-KARTU-PRAKERJA_D_web_1592575529.jpg
KOMPAS/KURNIA YUNITA RAHAYU

Elma Meika (23) (kanan) dan Juliana (24) (kiri) mengerjakan tugas pelatihan di lobi asrama Balai Rehabilitasi Sosial Mulya Jaya, Jakarta Timur, Selasa (26/5/2020). Keduanya sudah tinggal dan mengikuti pelatihan keterampilan di Balai itu sejak awal Mei karena menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) tanpa pesangon dari pabrik tekstil yang terdampak Covid-19, kemudian diusir dari rumah kontrakan di Tangerang, Banten. Perantau asal Palembang, Sumatera Selatan, itu hidup terlunta-lunta di perkampungan selama beberapa hari karena tak bisa mendapatkan bantuan sosial berbasis domisili. Keduanya pun gagal saat mendaftar program Kartu Prakerja.

Setidaknya terdapat tiga kluster persoalan tata kelola yang terus berulang. Ketiganya ialah kebijakan salah kamar dan kerancuan organisasi, kebijakan antarkementerian yang tak sinkron, dan kebijakan yang inkonsisten. Ketiga kluster persoalan tata kelola tersebut marak pada periode pertama pemerintahan Presiden Joko Widodo. Namun, alih-alih selesai tertangani di periode pertama, persoalan berulang di awal periode kedua pemerintahannya.

Persoalan paling mutakhir terlihat dalam proyek food estate atau lumbung pangan nasional dan Kartu Prakerja. Keduanya termasuk kluster persoalan kebijakan salah kamar.

Editor:
Antonius Ponco Anggoro
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000