logo Kompas.id
Politik & HukumAkses Pelayanan Pemerintah...
Iklan

Akses Pelayanan Pemerintah Bisa Semudah Menggunakan Telepon Pintar…

Pandemi Covid-19 membuat banyak negara memahami adanya kebutuhan membangun infrastruktur digital yang kuat agar siap menghadapi krisis di masa depan. Estonia dengan sistem ”e-government” maju bisa jadi tempat belajar.

Oleh
Antony Lee dan Ingki Rinaldi
· 11 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/Yyig_jCszDbW8pePGeswASFn1eU=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F06%2FMG_6504_1593072457.jpg
KOMPAS/ANTONY LEE

Seorang petugas menjelaskan mekanisme sidang di parlemen Estonia (Riigikogu) di Tallinn, Estonia, pada Desember 2013.

Pandemi Covid-19 memberi dampak pada sektor pelayanan pemerintah. Negara-negara yang sudah lebih dahulu memindahkan pelayanan publiknya dari ruang fisik ke ranah daring menghadapi ”lebih sedikit” tantangan untuk menjalankan fungsinya di tengah pandemi. Di masa mendatang, pelayanan publik daring oleh pemerintah bakal menjadi sebuah keniscayaan.

Indonesia juga akan menghadapi hal itu. Transformasi ini akan membuat pelayanan lebih efisien dan efektif. Untuk mengetahui tranformasi pelayanan pemerintahan daring, Kompas berbincang secara daring dengan Development Director E-Governance Academy Estonia Hannes Astok pada Kamis (18/6/2020).

Editor:
susanarita
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000