logo Kompas.id
Politik & HukumPenyaluran Bansos Masih Banyak...
Iklan

Penyaluran Bansos Masih Banyak Dikeluhkan

Berdasarkan data yang dihimpun KPK melalui aplikasi Jaga Bansos per 5 Juni 2020, ada 118 keluhan terkait penyaluran bantuan sosial. KPK akan memantau tindak lanjut dari setiap laporan oleh pemda.

Oleh
PRAYOGI DWI SULISTYO
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/HzK3jXKyc4WUhdSpL1BPsuE1p0Y=/1024x532/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F06%2F0bb4df96-22f7-4071-889a-2c6cf67af6b9_jpg.jpg
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Mobil bak terbuka digunakan untuk membawa paket bantuan sosial (bansos) yang akan dibagikan kepada warga terdampak pandemi Covid-19 di setiap RT. Sebanyak 649 paket bansos tahap kedua dari Pemprov DKI Jakarta tiba di RW 001 Kelurahan Kembangan Selatan, Kembangan, Jakarta Barat, Sabtu (6/6/2020).

JAKARTA, KOMPAS — Masyarakat masih mengeluhkan penyaluran bantuan sosial yang belum tepat sasaran. Karena itu, perlu ada perbaikan dalam penyaluran bantuan, yakni dengan perbaikan data dan pelibatan lembaga non-pemerintah untuk mengawasi.

Berdasarkan data yang dihimpun Komisi Pemberantasan Korupsi  melalui aplikasi Jaga Bansos per 5 Juni 2020, ada 118 keluhan terkait dengan penyaluran bantuan sosial (bansos). Keluhan yang paling banyak disampaikan adalah pelapor tidak menerima bantuan, padahal sudah mendaftar.

Editor:
Antonius Ponco Anggoro
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000