logo Kompas.id
Politik & HukumTantangan Mengikis Demokrasi Elitis

Tantangan Mengikis Demokrasi Elitis

Empat partai politik yang tahun ini mengadakan forum setingkat kongres menempuh jalan aklamasi untuk melanggengkan kepemimpinan partai. Reformasi partai makin mendesak guna membuat demokrasi inklusif.

Oleh Agnes Theodora
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/WAWAN H PRABOWO

Para perwakilan partai politik mengikuti rapat pleno terbuka penetapkan hasil pemilihan legislatif 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Sabtu (31/8/2019). Kompas/Wawan H Prabowo (WAK)

Selepas Pemilihan Umum 2019, ada empat partai politik yang mengadakan forum pengambilan keputusan tertinggi atau kongres, yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Nasdem, dan Partai Golkar. Namun, tidak ada satu pun dari keempat partai itu yang pemimpin tertinggi partainya berganti.

Melalui aklamasi, tokoh-tokoh politik lama yang sudah malang melintang di panggung politik nasional kembali memegang pucuk kekuasaan di partainya masing-masing. Megawati Soekarnoputri memegang rekor sebagai ketua umum yang paling lama menjabat, selama 20 tahun, sejak 1999 ketika PDI resmi menjadi PDI-P. Di posisi kedua ada Muhaimin Iskandar, yang kembali memimpin PKB setelah menjadi ketua umum selama 14 tahun sejak 2005.

Editor: Antony Lee
Bagikan
Memuat data..