logo Kompas.id
Politik & HukumApa Kabar Kantin Kejujuran?
Iklan

Apa Kabar Kantin Kejujuran?

Sempat menjamur di banyak tempat setelah diluncurkan pada 2008, tetapi dalam perkembangannya satu demi satu kantin kejujuran berguguran. Kejujuran menjadi hal yang sulit di negeri ini.

Oleh
I GUSTI AGUNG BAGUS ANGGA PUTRA/INSAN ALFAJRI/KURNIA YUNITA RAHAYU
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/F2zZKh54iHWNf6Tcz5YsZV9wz_0=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F12%2Fkompas_tark_13612485_154_0.jpeg
Kompas

Siswi SMAN 29 Jakarta Selatan memilih jajanan yang tersedia di Kantin Adik Kakak, Jumat (9/1/2015). Kantin berkonsep kejujuran, yaitu tanpa pengawasan pedagang. Siswa bisa membayar, mengambil jajanan, dan mengambil uang kembalian sendiri. Banyak kantin bermodel seperti kantin kejujuran yang tutup.

Program kantin kejujuran di sekolah dan instansi-instansi pemerintah sempat menjadi harapan untuk menumbuhkan budaya antikorupsi. Namun, harapan itu dengan mudahnya pupus. Banyak kantin kejujuran justru bangkrut. Pedagang harus merugi karena begitu kuatnya ketidakjujuran.

Sekitar empat tahun silam, Kejaksaan Tinggi Jakarta menginisiasi pendirian kantin kejujuran di SMAN 29 Jakarta, di kawasan Kebayoran Lama. Seperti namanya, kantin mengedepankan kejujuran pembelinya. Pembeli membeli barang di kantin itu, kemudian mencatatkan barang yang dibeli dan memasukkan uangnya ke dalam kotak yang sudah disediakan. Tidak ada pedagang atau pengawas di kantin tersebut.

Editor:
Antonius Ponco Anggoro
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000