logo Kompas.id
Politik & HukumMegawati: Berpolitik Harus dengan Ideologi Pancasila

Megawati: Berpolitik Harus dengan Ideologi Pancasila

Oleh
A Ponco Anggoro
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/MELATI MEWANGI

Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PDI-P sekaligus perayaan Hari Ulang Tahun Ke-46 PDI-P di Jakarta, Kamis (10/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS — Ketua Umum PDI-P Megawati Sukarnoputri mengingatkan, berpolitik seharusnya berpegang pada ideologi Pancasila. Nilai-nilai Pancasila, misalnya, dijadikan sebagai penuntun dan haluan dalam setiap pengambilan keputusan politik. Dengan demikian akan lahir politisi berkarakter yang tidak tersesat, apalagi menyesatkan rakyat.

”Ideologi bukan alat yang berfungsi untuk mengumpulkan pengikut dan melegitimasi para pemimpinnya. Ideologi bukan mesin untuk memproduksi pengikut yang mati rasionalitasnya. Bukan  pula untuk menciptakan pemimpin yang mahir memanipulasi. Ideologi benar berfungsi untuk melahirkan massa yang sadar akan tanggung jawabnya terhadap kepentingan nasional,” kata Megawati dalam orasi politiknya saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PDI-P sekaligus perayaan Hari Ulang Tahun Ke-46 PDI-P di Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Editor:
Antonius Ponco Anggoro
Bagikan