logo Kompas.id
Politik & HukumProblematika Usang Lembaga Pemasyarakatan

Problematika Usang Lembaga Pemasyarakatan

Pak sudah berapa minggu air panas untuk mandi tidak ada Hanya ada air dingin keluh seorang narapidana korupsi kepada Menkumham Yasonna H Laoly ke Rumah Tahanan Sialang Bungkuk Pekanbaru pada awal Mei 2017 Yasonna seolah tak tahu Ironis gedung lain di rutan tersebut yang tidak dihuni nap

Oleh Riana A Ibrahim
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/SAMUEL OKTORA

Narapidana di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Sukamiskin, Kota Bandung, Jawa Barat bersiap-siap mengikuti lomba balap karung dalam kegiatan menjelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-71 Kemerdekaan RI, Senin (15/8/2016). Tampak dalam gambar, peserta lomba, antara lain, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alifian Mallarangeng (paling kiri), Kepala Lapas Sukamiskin, Surung Pasaribu (nomor tiga dari kiri), dan mantan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Rudi Rubiandini (kanan). (Ilustrasi)

“Pak, sudah berapa minggu air panas untuk mandi tidak ada. Hanya ada air dingin,” keluh seorang narapidana korupsi kepada Menkumham Yasonna H Laoly ke Rumah Tahanan Sialang Bungkuk, Pekanbaru pada awal Mei 2017. Yasonna seolah tak tahu. Ironis, gedung lain di rutan tersebut yang tidak dihuni napi korupsi justru kekurangan pasokan air bersih.

Sekarang, sulit rasanya membicarakan efek jera untuk pelaku korupsi. Selama praktik mafia hukum menjalankan bisnis kotor di lembaga pemasyarakatan yang bercokol sejak lama masih tumbuh subur, bahkan membuat koruptor hidup makmur dalam menjalani masa hukumannya.

Editor:
Bagikan
Memuat data..