logo Kompas.id
Politik & HukumSetara: Vonis Basuki di Luar Kelaziman

Setara: Vonis Basuki di Luar Kelaziman

JAKARTA KOMPAS Vonis terhadap Basuki Tjahaja Purnama di luar kelaziman karena hakim memutus melampaui apa yang menjadi tuntutan jaksa penuntut umum Karena gagal membuktikan dakwaan primer Pasal 156a jaksa penuntut umum hanya menuntut Basuki dengan Pasal 156 KUHP Meskipun tidak lazim

· 1 menit baca

JAKARTA, KOMPAS —  Vonis terhadap Basuki Tjahaja Purnama di luar kelaziman karena hakim memutus melampaui apa yang menjadi tuntutan jaksa penuntut umum. Karena gagal membuktikan dakwaan primer Pasal 156a, jaksa penuntut umum hanya menuntut Basuki dengan Pasal 156 KUHP.

”Meskipun tidak lazim, secara prinsip memang hakim independen dan merdeka dalam memutus perkara, sepanjang tidak keluar dari delik dan dakwaan yang termaktub dalam undang-undang,” kata Ketua Setara Institute Hendardi dalam siaran persnya, Selasa (9/5).

”Meski demikian, kemerdekaan hakim semestinya haruslah sejalan dan bertolak dari fakta-fakta persidangan. Kualitas peristiwa hukum yang menimpa Basuki dan pembuktian yang lemah sepanjang masa sidang semestinya mampu meyakinkan hakim untuk membebaskan Basuki atau setidaknya memvonis dengan hukuman yang tidak melampaui tuntutan JPU,” lanjut Hendardi.

Editor:
Bagikan
Memuat data..