New Mercedes-Benz V-Class, Sejahtera di Baris Kedua
Mobil MPV mewah Mercedes Benz V-Class makin nyaman dengan perubahan fitur pada baris kedua. Perjalanan jauh dengan mobil bersama handai tolan makin melenakan.
Oleh
HERLAMBANG JALUARDI
·3 menit baca
Lini mobil van mewah keluaran Mercedes-Benz, V-Class, mendapat peningkatan atau facelift pada kuartal pertama tahun 2022 ini. Wujud dari luar nyaris tak ada bedanya, kecuali penyematan emblem dari V 260 menjadi V 250. Mobil bernama lengkap Mercedes-Benz V 250 Avantgarde Line ini menjanjikan kesejahteraan sentosa di baris kedua.
”Baris kedua ini biasanya tempat pemilik mobil duduk disetiri oleh sopir pribadi,” kata Dennis Kadaruskan, Departement Manager Public Relations PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI), dalam peluncuran mobil ini di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Rabu (20/4/2022).
Baris kedua yang ia maksud adalah dua jok individual, istilahnya captain seats, yang terasa empuk, berbalut kulit, dan berlekuk-lekuk layaknya sofa mahal. Di jok itulah, pembeli mobil berharga Rp 1,73 miliar (off-the-road) biasa menghabiskan waktu di perjalanan. Tak heran, peningkatan kenyamanan dipusatkan di situ.
Salah satu ciri yang mencolok adalah dudukan tangan (arm rest) yang lebih panjang dan lebar agar seluruh bagian lengan tertopang sempurna. Di sandaran tangan itu terdapat pula tatakan persegi untuk menaruh ponsel. Dudukan gelas (cup holder) yang bisa terlipat tersemat di sisi luar jok. Ponsel dan minuman, dua hal penting dalam perjalanan, selalu berada dalam jangkauan. Ditambah lagi ada colokan pengisi daya ponsel bertipe USB-C.
Apakah cukup sampai di situ? Tentu tidak. Takhta utama ini memiliki fungsi pemanas dan pendingin juga. Bila diperlukan, sandaran joknya bisa bergerak secara mekanikal untuk memijat punggung. Sandaran kepalanya pun luar biasa empuk, hampir menyamai head rest di jok belakang sedan S-Class terbaru.
Kaki penghuni takhta ini tak dibiarkan menggantung begitu saja. Ada sandaran betis yang bisa mengangkat, yang sama empuknya. Kesejahteraan hidup pemilik V-Class ini dimuliakan di sini. Seluruh pengaturan kursi dioperasikan dengan tombol elektrik serta konfigurasinya dapat disimpan.
President Director PT MBDI Choi Duk Jun mengatakan, V-Class adalah mobil unggulan yang amat pantas dipakai menempuh perjalanan jauh bersama keluarga maupun kolega. ”Ukurannya yang besar dengan interior luas membuat mobil ini nyaman untuk perjalanan jauh,” katanya.
Siap jalan jauh
Fasilitas lainnya mendukung perjalanan itu. Di bagian konsol tengah baris depan ada penyimpan botol yang diklaim bisa mendinginkan airnya dalam waktu kurang dari 30 menit. Minuman segar jadi selalu siap sedia dalam jangkauan penghuni jok baris kedua. Rentang antarsumbu roda yang mencapai 3,2 meter memberi ruang sangat lega di kabin.
Sistem hiburan dan informasi telah mengampu format MBUX yang bisa menerima perintah suara, ”Hey, Mercedes”. Tampilan informasi dan hiburan di dasbor menggunakan layar sentuh selebar 10,25 inci. Pelantang merek Burmester siap ”memanggungkan” musik favorit di dalam kabin.
Performa mesin pun turut menyokong perjalanan jauh. Mobil dengan panjang 5,14 meter dan lebar 1,92 meter ini digerakkan mesin empat silinder berkapasitas 1.991 cc dengan turbo. Mesin itu menghasilkan tenaga maksimum 211 HP pada putaran mesin 5.500 rpm, dan torsi puncak 350 Nm yang didapat pada rentang putaran mesin 1.800 hingga 4.000 rpm. Tenaganya disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis 9 percepatan 9G-Tronic. Kecepatan maksimumnya diklaim mencapai 210 km per jam.
Dari segi keamanan, V 250 ini memiliki tirai udara (curtain airbag) yang merentang dari pilar paling depan hingga ujung belakang. Pengemudi dan penumpang depan juga mendapat kantong udara khusus. Fitur mutakhir keselamatan, di antaranya adalah penjaga lajur (lane keeping assist), pemantau titik buta (blind spot assist), pengaturan cahaya lampu depan, serta kamera 360 derajat untuk memantau posisi kendaraan dengan presisi. Mobil bongsor ini juga dilengkapi crosswind assist untuk menstabilkan laju mobil saat terkena terpaan angin dari samping.
Permintaan V-Class tergolong tinggi sehingga harus sabar menanti pesanan. Di Indonesia, kehadiran V-Class dimulai sejak 1996 dan bertahan hingga kini. Versi terbaru ini menyediakan pilihan warna hitam (Obsidian Black) dan abu-abu (Graphite Grey). Rasanya, memiliki mobil ini harus diimbangi dengan rencana perjalanan jarak jauh berkali-kali. (HEI)