Mobil Baru Semakin Didamba
Belakangan ini, masyarakat makin antusias saja pada mobil baru. Produk teranyar disambut meriah. Pameran otomotif, seperti Indonesia International Motor Show yang akan dimulai 31 Maret, diharapkan menjaga gairah ini.
Ketertarikan masyarakat pada mobil baru tampak meningkat pada kuartal pertama tahun 2022 ini. Peluncuran mobil, apalagi yang dilengkapi fitur canggih dengan harga relatif terjangkau, disambut gegap-gempita. Pameran otomotif bakal menjadi wadah pertemuan antara hasrat tersebut dan produk yang ditawarkan.
Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil di tingkat ritel selama periode Januari hingga Februari 2022 mencapai angka 148.556 unit. Angka itu berselisih 47.418 unit lebih banyak dibanding periode sama satu tahun lalu.
Di tingkat produksi, selisihnya lebih signifikan. Selama Januari-Februari tahun ini tercatat produksi mobil sebanyak 230.389 unit. Periode sama di tahun 2021, produksi mobil ”hanya” 153.993 unit, atau bertambah sebanyak 76.396 unit.
Baca juga : Meraup Transaksi Rp 2 Triliun, IIMS Hybrid 2021 Buka Era Baru Pameran Otomotif
Menurut Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, pendorongnya variatif. Insentif pajak penjualan barang mewah (PPnBM) selama masa pandemi Covid-19 dari pemerintah adalah salah satunya. Pembangunan infrastruktur, seperti jalur tol Trans-Jawa dan Sumatera, juga dianggap memicu gairah masyarakat berkendara dengan mobil pribadi.
”Dampaknya positif. Pada Desember 2021 saja, tak kurang 100.000 unit mobil terjual. Rasanya pengusaha otomotif harus sadar diri untuk pelan-pelan bangkit tanpa sokongan pemerintah,” kata Yohannes dalam konferensi pers pameran penjualan mobil Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW), Rabu (9/3/2022).
Pameran itu berlangsung selama sembilan hari pada 12-20 Maret 2022 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat. Lokasi pameran strategis, tepat bagi pameran yang menitik-beratkan pada penjualan mobil. Beraneka promosi dan kortingan dihadirkan 13 merek mobil peserta pameran.
Pameran dengan karcis seharga Rp 50.000 dan Rp 70.000 per orang itu didatangi 53.164 pengunjung. Meski tak seramai pameran otomotif lainnya, seperti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Yohannes menilai pengunjung GJAW merupakan pembeli potensial. Jumlah pengunjung pameran itu, ujar dia, mendekati rata-rata pengunjung diler mobil di Jakarta.
”Saat ini tersebar sekitar 1.000 showroom mobil para peserta pameran (GJAW) di seluruh Jakarta. Dalam satu hari, rata-rata showroom itu dikunjungi 6-7 calon pembeli. Jika dikalikan 9 hari sesuai periode pameran, didapat angka pengunjung 54.000 hingga 63.000 orang” ujar Yohannes dalam siaran pers penutupan GJAW, 21 Maret 2022.
Mobil baru
Berselang tiga hari setelah pameran itu, PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan All New Honda HR-V dalam empat varian. Mobil berjenis SUV berukuran medium berkapasitas lima penumpang itu muncul dengan desain baru, serta dilengkapi fitur keamanan Honda Sensing yang lengkap. Harga jual HR-V baru ini berentang di angka Rp 355,9 juta sampai Rp 499,9 juta untuk varian bermesin turbo.
Respons masyarakat pada mobil rakitan pabrik PT HPM di Karawang ini mencengangkan. Pada hari pertama setelah peluncuran, mobil ini terpesan 1.265 unit. Pemesanan terbanyak dari varian HR-V SE (seharga Rp 399,9 juta) dengan persentase 43 persen. Sebagian besar pemesanan awal berasal dari konsumen di luar pulau Jawa, dan juga Jabodetabek.
Ketika unit mobil baru ini belum banyak mendarat di showroom, PT HPM memamerkan tiga varian HR-V di Dreams Café di mal Senayan Park (Spark), Jakarta Pusat. Pada Jumat (25/3/2022) petang, kafe milik Honda Indonesia itu didatangi 361 orang untuk melihat langsung mobil terbaru ini. Hari sebelumnya sama ramainya.
Terlihat rata-rata pengunjung adalah pasangan beragam usia. Tak sedikit juga sekelompok perempuan mengamati lekat-lekat mobil bermesin 1.500 cc DOHC ini. Tiga unit pamer nyaris tak pernah sepi. Petugas pemasaran juga sibuk meladeni pertanyaan pengunjung.
Peluncuran All New Honda HRV ini dilakukan sepekan sebelum pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 yang akan dibuka 31 Maret. Yulian Karfili, Public Relation & Digital Manager PT HPM menyatakan, peluncuran mobil sebelum pameran besar merupakan strategi yang menyesuaikan kondisi pasar dan permintaan konsumen.
”Setelah peluncuran, kami menilai bahwa IIMS akan menjadi ajang yang tepat untuk menampilkan produk ini kepada konsumen lebih luas,” ujar Yulian melalui pesan tertulis. Dia menambahkan, setelah peluncuran, unit mulai dikirimkan ke seluruh Indonesia sehingga pemesan bisa segera menerima mobil ini.
Pemandangan menarik terlihat di mal Senayan Park berbarengan dengan ”open house” HR-V itu. Tepat di depan Dreams Café, Hyundai memajang SUV andalan mereka, yakni Creta. Beberapa pengunjung terlihat mengamati Hyundai Creta, lalu masuk ke arena pamer HR-V, atau sebaliknya.
Bukan kebetulan, Hyundai Creta dan Honda HR-V berada di kelas yang sama. Keduanya berjenis SUV berukuran medium, dan sama-sama memakai mesin 4 silinder berkapasitas 1.500 cc. Rentang harganya pun beririsan. Varian tertinggi Hyundai Creta, yaitu Prime, dijual dengan harga Rp 397,5 juta, atau Rp 2,4 juta lebih murah dibandingkan varian HR-V tipe SE (bermesin nonturbo, sama dengan Creta).
Hyundai Creta, yang menjadi produk pertama di dalam negeri PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, juga cukup diminati masyarakat. Makmur, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), mengatakan, sejak pertama diluncurkan pada November 2021 hingga akhir Januari 2022, Creta telah dipesan lebih dari 1.700 unit. Angka itu meningkat signifikan sepanjang Februari 2022 dengan mencatatkan angka penjualan ritel sebanyak 1.265 unit.
Desain dan teknologi
Serupa dengan HR-V terbaru, Hyundai Creta tampil dengan desain modern yang mencuri perhatian mata. Fitur keselamatannya pun terbilang modern, seperti penempatan mobil di lajur, hingga intervensi pada roda kemudi ketika berbelok. Creta juga dilengkapi pembersih udara di dalam kabin. Beberapa fungsi mobil ini juga bisa dioperasikan lewat aplikasi yang tertanam di ponsel pemiliknya.
Aksesibilitas melalui ponsel juga diterapkan oleh merek Wuling pada model New Cortez. Model penyegaran Cortez diluncurkan pada Kamis (24/3/2022). Mobil berjenis MPV berkapasitas tujuh penumpang ini memanfaatkan koneksi internet yang menghubungan mobil dengan ponsel penggunanya.
”Beberapa fungsi bisa dioperasikan melalui ponsel, misalnya menyalakan mesin dari jarak jauh, membuka dan mengunci pintu, dan mengecek posisi kendaraan. Fitur ini bisa diakses lewat ponsel jika sebelumnya sudah terhubung dengan head unit di dalam mobil,” kata Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors.
Di mobil bermesin turbo 1.500 cc ini, Wuling juga mempertahankan aktivasi fungsi dengan perintah suara berbahasa Indonesia (WIND), yang dibuka dengan sapaan, ”Halo Wuling”. ”Jika sapaan itu dilanjutkan dengan ‘Saya kepanasan’, mobil akan menurunkan suhu dalam kabin secara otomatis,” lanjut Danang.
Wajah baru Wuling Cortez ini memakai emblem logo berwarna perak, tak lagi merah seperti keluaran terdahulunya. Ada dua varian yang ditawarkan, yaitu CE dan EX. Harga varian CE ketika peluncuran adalah Rp 287,3 juta, dan EX Rp 325,65 juta, dan masih ada kortingan subsidi PPnBM.
Jaga gairah
Wuling, Honda, dan Hyundai adalah sebagian merek dengan produk baru yang bakal mengikuti IIMS Hybrid 2022 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Utara, 31 Maret-10 April 2022. Pameran yang digelar Dyandra Promosindo ini juga akan diikuti merek mobil lain, yaitu BMW, Chery, DFSK, Jeep, Mazda (diwakili dealer Mazda Raden Saleh), MG, Mitsubishi, Suzuki, dan Toyota. Sementara produk roda dua ada Honda, Benelli-Keeway, Gesits, Kawasaki, KTM, Husqvarna, Royal Enfield, Utomocorp, Volta, dan Yamaha.
Presiden Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh mengatakan, gairah publik terhadap industri otomotif sedang tinggi di awal tahun ini. ”Semoga lewat IIMS, gairah itu tetap terjaga. Kami berharap Presiden Joko Widodo dapat membuka langsung pameran ini seperti yang terjadi di IIMS 2017 dan 2021,” kata Hendra.
Selain memajang produk yang telah diluncurkan sebelumnya, ajang IIMS juga akan dipakai untuk mengenalkan produk baru. Hyundai, misalnya, dipastikan bakal resmi meluncurkan model Ioniq 5, produk mobil listrik pertama yang dirakit di Indonesia. Mazda juga akan mengenalkan perubahan model CX-5 mereka.
Baca juga: Antisipasi Puncak Penyebaran Omicron, Dyandra Siapkan Tanggal Cadangan IIMS 2022
Ajang ini juga menjadi kemunculan kembali merek mobil Chery di Indonesia. ”Kami sangat bersemangat menjadi bagian dari IIMS Hybrid 2022 karena akan menjadi perjumpaan resmi pertama dengan masyarakat Indonesia,” kata President Director PT Chery Motor Indonesia Tae Yong.
Pabrikan asal China ini akan membawa lima unit kendaraan, termasuk kendaraan elektrik. Mereka siap bersaing di pasar panas SUV dengan membawa seri Tiggo Pro, yaitu model Tiggo 4 Pro, Tiggo 8 Pro, dan Tiggo 7 Pro. Khusus model 4 Pro dan 7 Pro disediakan unit uji cobanya di area pameran.
Siapa tahu, dari pameran IIMS nanti, Anda bisa membawa pulang mobil idaman sehingga bisa dipakai bersilaturahmi mengunjungi sanak famili di libur Lebaran.