Menunggu Pembuktian Sosok Modern Lexus di All New NX
Berbagai fitur baru pada All New Lexus NX yang baru saja diluncurkan menunjukkan wajah modern Lexus ke depan. Mobil ini dilengkapi berbagai fitur yang menambah kenyamanan dan kenikmatan berkendara.
Oleh
DAHONO FITRIANTO
·4 menit baca
KOMPAS/EDDY HASBY
Lexus NX 350h, yang merupakan mobil dengan teknologi Lexus Hybrid Electric Drive, dipamerkan dalam pameran Gaikindo Jakarta Auto Week 2022 di Jakarta Convention Center, Sabtu (12/3/2022).
Lexus memberi kejutan pada pembukaan pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week 2022, 12 Maret 2022. Di saat merek-merek premium lain bahkan tidak mengikuti acara ini, Lexus dengan percaya diri meluncurkan All New Lexus NX, yang membawa berbagai ciri dan fitur teknologi termodern merek premium asal Jepang itu.
NX adalah SUV crossover berukuran menengah yang akan bersaing dengan mobil-mobil premium lain, seperti BMW X3/X4 atau Mercedes-Benz GLC/GLC Coupe. Menurut Bansar Maduma, General Manager Lexus Indonesia, NX pertama kali hadir di Indonesia pada 2015 dengan mengusung semboyan ”urban sport gear” dan ditujukan bagi mereka yang masih senang mengemudikan sendiri mobilnya.
Di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2022, Lexus memajang dua varian All New NX ini, yakni NX 450h+ berteknologi PHEV (plug-in hybrid electric vehicle) dan NX 350h berteknologi hibrida (hybrid electric vehicle/HEV). Namun, di antara keduanya, baru versi NX 350h yang sudah resmi dipasarkan di Indonesia.
”Lexus NX 450h+ adalah Lexus pertama yang menggunakan teknologi PHEV. Saat ini memang belum kami jual di sini, karena kami masih mempersiapkan waktu yang tepat untuk meluncurkannya di pasar Indonesia,” ujar Bansar dalam media preview All New Lexus NX di Senayan, Jakarta Pusat, Senin (14/3/2022).
KOMPAS/DAHONO FITRIANTO
Bagian buritan yang menampilkan ciri desain baru All New Lexus NX 350h saat media preview di Senayan, Jakarta Pusat, Senin (14/3/2022).
Secara lengkap ada tiga varian All New NX yang saat ini sudah dipasarkan di Tanah Air, yakni NX 350h Luxury, NX 350h F-Sport, dan NX 250 Luxury yang masih menggunakan mesin pembakaran internal konvensional. Mereka dipasarkan dengan harga Rp 1,273 miliar (NX 250 Luxury), Rp 1,339 miliar (NX 350h Luxury), dan Rp 1,385 miliar (NX 350 F-Sport). Angka itu merupakan harga on-the-road DKI Jakarta.
Meski di sini model ini kalah populer dibandingkan kakaknya, Lexus RX, Lexus justru menyematkan berbagai teknologi terkini yang akan menjadi ”wajah” modern Lexus ke depan pada All New NX ini. Hal itu sangat terlihat saat kita memasuki interiornya.
Panel kontrol sentuh touch pad yang selalu ada di semua model Lexus sebelumnya, kini hilang pada NX baru ini. Sebagai gantinya, Lexus memasang layar monitor berukuran besar, yakni 14 inci, dengan teknologi layar sentuh di bagian tengah dasbor. Semua kontrol bisa langsung diakses dengan menyentuh layar besar yang posisinya agak miring ke arah pengemudi tersebut.
KOMPAS/DAHONO FITRIANTO
Fitur layar sentuh ukuran 14 inci di All New Lexus NX 350h saat media preview di Senayan, Jakarta Pusat, Senin (14/3/2022).
Ini adalah sebuah kemajuan penting pada Lexus mengingat panel kontrol touch pad model lama itu selalu menjadi obyek kritik. Mengakses berbagai menu dan fitur mobil dengan touch pad ini selalu membuat kagok karena gerak kursornya tidak presisi dan tidak intuitif sehingga pengemudi harus mengalihkan perhatiannya dari pandangan ke depan untuk fokus pada papan sentuh ini. Bahkan, pengemudi dianjurkan meminggirkan mobilnya dulu dan berhenti demi keselamatan jika ingin fokus mengatur berbagai fungsi mobil dengan papan yang terletak di dekat tuas transmisi itu.
Layar besar dengan resolusi tinggi itu juga bisa dihubungkan dengan telepon pintar melalui dua cara, yakni koneksi nirkabel untuk konektivitas Apple CarPlay dan koneksi dengan kabel untuk konektivitas Android Auto. Lexus memasang dua soket USB untuk mencolokkan kabel ini di bawah layar itu, satu soket USB biasa, satu lagi soket USB-C. Di bawah dua soket ini, terdapat papan pengecas gawai nirkabel.
KOMPAS/DAHONO FITRIANTO
Dua soket USB dan pengecas gawai nirkabel di All New Lexus NX 350h saat media preview di Senayan, Jakarta Pusat, Senin (14/3/2022).
Seni menunggang kuda
Bansar menambahkan, All New NX juga sudah menerapkan konsep Tazuna Cockpit yang terinspirasi seni menunggang kuda di Jepang. Konsep ini mengusung filosofi: tangan di roda kemudi, mata memandang ke jalan (hands on the wheel, eyes on the road). Pengejawantahannya terletak pada pemasangan fitur head-up display (HUD) generasi terbaru.
Memang teknologi HUD ini sudah banyak dipakai merek mobil lain. Namun, di All New NX, konfigurasi tombol pada bilah setir juga terpancar di HUD, selain informasi standar semisal penunjuk kecepatan atau putaran mesin. Ini membuat mata pengemudi tetap fokus ke depan, tanpa perlu sering-sering melirik tombol di setir, atau kluster instrumen. Rasanya mobil lain perlu mengadopsi teknologi ini.
Bahkan, memasuki mobil ini pun menggunakan teknologi baru bernama e-latch. Hilang sudah teknologi lawas yang mengharuskan kita mengeluarkan tenaga untuk menarik handel pintu mobil guna membukanya. Dengan e-latch, kait pengunci pintu mobil akan terbuka secara elektronik begitu kita menyentuh lembut panel di sisi dalam handel pintu luar. Demikian juga saat hendak keluar dari mobil, cukup sentuh panel elektronik dan pengunci pintu akan terbuka, pintu pun tinggal kita dorong menjauh. Rasanya belum ada mobil lain yang mengadopsi teknologi yang sebenarnya sederhana tetapi sangat membuat nyaman ini.
KOMPAS/DAHONO FITRIANTO
Fitur e-latch untuk mempermudah membuka pintu pada All New Lexus NX 350h saat media preview di Senayan, Jakarta Pusat, Senin (14/3/2022).
Sementara secara arsitektur mobil, menurut Chief Engineer All New Lexus NX Takeaki Kato, NX baru ini dibangun di atas platform GA-K, yang merupakan bagian dari TNGA (Toyota New Global Architecture). ”Dengan platform GA-K, lay out struktur mobil berubah dengan tujuan meningkatkan kemampuan suspensi dan kekuatan kerangka mobil. Hal ini diterapkan untuk meningkatkan performa berkendara dari Lexus ini,” tutur Kato.
Semua itu bertujuan mendapatkan driving signature dari Lexus, yakni linearitas dan kesetimbangan antara performa kendaraan dan kenyamanan di dalamnya.
Tak sabar rasanya membuktikan semua kebaruan di All New NX hybrid ini di rute jalanan sesungguhnya, apalagi untuk sebuah perjalanan jarak jauh untuk menguji performa, teknologi, dan efisiensinya! (DHF/HEI)
KOMPAS/DAHONO FITRIANTO
Kabin depan All New Lexus NX 350h saat media preview di Senayan, Jakarta Pusat, Senin (14/3/2022).