Honda menjawab tuntutan konsumen di segmen SUV medium akan teknologi canggih dengan memasang fitur Honda Sensing di seluruh varian All New Honda HR-V, dari yang termurah hingga termahal.
Oleh
DAHONO FITRIANTO
·5 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Menjawab tuntutan konsumen mobil di Indonesia yang semakin melek teknologi, PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan All New Honda HR-V yang sarat dengan teknologi canggih. Selain menyematkan fitur keselamatan aktif Honda Sensing di seluruh varian, Honda juga menghadirkan opsi mesin berturbo pada HR-V baru ini.
Peluncuran mobil di segmen medium SUV (MSUV) ini dilakukan secara virtual di Jakarta, Rabu (23/3/2022). Acara diawali dengan pemutaran video perkenalan All New Honda HR-V yang menampilkan, antara lain, Presiden Direktur PT HPM Takehiro Watanabe serta Direktur Inovasi Bisnis, Penjualan, dan Pemasaran PT HPM Yusak Billy.
Dalam paparannya, Billy mengungkapkan, ada empat varian All New Honda HR-V yang sudah bisa mulai dipesan pelanggan pada hari ini, yakni tipe S, E, dan SE yang mengusung mesin baru berkapasitas 1.5 liter DOHC dan satu varian RS Turbo yang mengusung mesin bensin 1.5 liter dengan turbo. Varian RS Turbo sebagai varian paling bertenaga menggantikan varian Prestige 1.8 bermesin 1.8 liter pada Honda HR-V generasi sebelumnya. Di dunia, varian HR-V bermesin 1.5 turbo ini baru pertama kali diluncurkan di Indonesia ini.
Semua varian sudah dilengkapi paket fitur keselamatan aktif Honda Sensing, yang meliputi fitur Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low Speed Follow, Auto High Beam (AHB), dan Lead Car Departure Notification System (LCDN). Beberapa tahun lalu, fitur-fitur ini hanya dipasang pada mobil-mobil kelas premium.
“Mengapa kami memasang fitur Honda Sensing ini di semua varian, karena studi dan survei konsumen di segmen ini menginginkan fitur dan teknologi yang terdepan. Honda Sensing menjadi nilai lebih yang disambut lebih baik oleh konsumen. Kami juga belajar dari penjualan All New Honda BR-V sebelumnya, di mana lebih dari 50 persen konsumen mencari varian yang sudah dilengkapi Honda Sensing,” papar Billy dalam sesi tanya jawab dengan awak media.
Billy menambahkan, Honda HR-V generasi ketiga ini sudah diproduksi di dalam negeri, tepatnya di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat. Kandungan lokal (local purchase) pada mobil baru ini juga sudah ditingkatkan menjadi 82,5 persen dibandingkan generasi sebelumnya yang kandungan lokalnya baru berada pada kisaran 70 persen.
Dari eksterior, All New Honda HR-V ini sudah membawa bahasa desain terbaru dari Honda, dengan tarikan garis-garis yang lebih tegas dan kotak dibandingkan dengan HR-V sebelumnya yang banyak mengadopsi garis-garis membulat. Gril besar dipadukan lampu depan LED yang menyipit mengingatkan pada garis-garis desain All New BR-V. Salah satu ciri desain HR-V yang dipertahankan dari generasi sebelumnya adalah pilar C yang berbentuk sangat miring ke belakang.
Mesin baru
Yoshitomo Ihashi, Large Project Leader untuk All New Honda HR-V dari Honda Motor Co Ltd di Jepang, menambahkan, varian S, E, dan SE menggunakan mesin 1.5 liter baru yang kini berteknologi i-VTEC DOHC. Mesin yang digunakan pada tiga varian tersebut sama dengan mesin yang dipasang pada All New Honda City Hatchback RS dan All New Honda BR-V. Mesin ini mengeluarkan tenaga maksimum 121 PS pada putaran mesin 6.600 rpm atau naik 1 PS dibandingkan dengan HR-V generasi sebelumnya. Sementara torsi puncaknya ada di angka 145 Nm pada 4.300 rpm.
Lonjakan tenaga yang signifikan terjadi pada varian RS Turbo dibandingkan varian Prestige 1.8 pada generasi sebelumnya. Mesin yang dipasang pada RS Turbo ini mengeluarkan tenaga maksimum 177 PS pada 6.000 rpm atau bertambah 38 PS dibandingkan dengan mesin Prestige 1.8. Sementara torsi puncaknya mencapai 240 Nm pada 4.500 rpm atau naik 71 Nm. Seluruh varian menyalurkan tenaga ke roda depan menggunakan transmisi CVT yang sudah diperbarui. ”Khusus varian RS Turbo mesinnya sama dengan yang digunakan Honda CR-V Turbo, tetapi dengan setting transmisi CVT yang sudah disesuaikan dengan HR-V,” ujar Ihashi.
Ferdianto Budiono, Product Strategy Manager PT HPM, menambahkan, selain fitur-fitur canggih Honda Sensing, All New HR-V ini juga sudah dilengkapi berbagai fitur modern lainnya, seperti fitur kamera pemantau sisi kiri kendaraan atau lane watch, electrostatic touch light yang bisa mengaktifkan lampu kabin hanya dengan gerakan lambaian tangan, fitur pengunci pintu mobil otomatis saat pengendara/penumpang menjauh dari mobil (walk away auto lock), dan hands free power tailgate yang memungkinkan membuka pintu bagasi belakang hanya dengan ayunan kaki di bawah bumper.
”Mobil juga sudah mengadopsi tiga mode air difussion system dari penyejuk udara. Ada satu mode di mana arah semburan hawa AC tidak langsung mengarah ke wajah pengendara atau penumpang, tetapi disebarkan menyelimuti seluruh kabin,” kata Ferdianto.
Selain itu, mobil juga sudah mengusung fitur Hill Start Assist (HSA), Hill Descent Control (HDC), Vehicle Stability Assist (VSA), Electric Parking Brake (EPB) dengan fitur Auto Brake Hold, dan layar monitor berteknologi capacitive touchscreen dengan konektivitas telepon pintar. Untuk membantu pengemudi saat bergerak mundur, HR-V baru juga dilengkapi multi-angle rear view camera yang dapat menampilkan tiga mode tampilan, yakni sudut pandangan normal, sudut pandangan lebar (wide view), dan sudut pandangan atas (top view).
Dengan mesin baru dan segala kelengkapan fitur yang ada, Billy mengungkapkan harga All New Honda HR-V ini hanya berselisih Rp 1 juta - 3 juta dibandingkan harga HR-V generasi sebelumnya. HR-V baru ini dipasarkan dengan harga mulai Rp 355,9 juta (tipe S), Rp 379,9 juta (tipe E), Rp 399,9 juta (tipe SE), dan Rp 499,9 juta untuk tipe RS Turbo. Semua harga adalah on the road di wilayah Jabodetabek untuk pemilikan mobil pertama dan sudah mengikuti ketentuan pajak yang berlaku. “Jika ada perubahan pada skema pajak yang berlaku, tentunya harga akan kami sesuaikan,” imbuh Billy.
Ada enam pilihan warna yang ditawarkan kepada konsumen, yakni merah metalik Ignite Red two tone (khusus varian RS Turbo), cokelat muda Sand Khaki Pearl two tone, abu-abu metalik Meteroid Gray, perak metalik Lunar Silver, putih metalik Platinum White Pearl, dan hitam metalik Crystal Black Pearl.
Billy menargetkan All New Honda HR-V ini akan terjual 35.000 unit per tahun. Ia optimistis target ini dapat tercapai karena Honda HR-V generasi sebelumnya telah terjual total 208.749 unit sejak diluncurkan pada 2015 hingga Februari 2022. ”Pada bulan ini, kami berencana men-delivery sekitar 1.300 unit kepada konsumen dan akan ditingkatkan menjadi 1.800 unit pada bulan depan,” kata Billy sambil mengatakan, pihaknya juga terus memantau kelangkaan chip semikonduktor yang hingga saat ini masih menjadi kendala dalam proses produksi mobil.