Sebanyak 13 Merek Mobil Berpromosi di Jakarta Auto Week 2022
Pameran otomotif Jakarta Autoweek 2022 siap digelar mulai Sabtu (12/3/2022) hingga Minggu (20/3/2022) di Jakarta Convention Center. Sebanyak 13 merek mobil berlomba-lomba memberi penawaran menarik bagi calon konsumen.
Oleh
HERLAMBANG JALUARDI
·4 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Sebanyak 13 merek mobil dipastikan mengikui pameran Jakarta Autoweek 2022 yang digelar pada 12-20 Maret di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat. Setiap merek mobil bakal memberi potongan harga dan promosi metode pembiayaan yang menarik. Diharapkan, industri otomotif dalam negeri terus merangkak naik.
”Ini menjadi pameran yang menitikberatkan pada hard selling (penjualan), bukan peluncuran produk-produk baru. Diadakan pameran seperti ini supaya penjualan domestik bisa terus ditingkatkan,” kata Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dalam konferensi pers pada Rabu (9/3/2022).
Pameran Jakarta Autoweek 2022 digelar Gaikindo bersama dengan Kementerian Perindustrian, dan dikelola Seven Events. Ini menjadi pameran otomotif pertama di tahun 2022. Sebelumnya, Gaikindo menggelar pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada November 2021. Pada GIIAS, produsen mobil lebih banyak mengenalkan produk baru mereka.
Ini menjadi pameran yang menitikberatkan pada hard selling (penjualan), bukan peluncuran produk-produk baru. Diadakan pameran seperti ini supaya penjualan domestik bisa terus ditingkatkan.
Menurut Yohannes, pemerintah telah mengupayakan menghidupkan industri otomotif dalam negeri, terutama di masa pandemi Covid-19. Di antaranya adalah memberikan insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM). Pembangunan infrastruktur, seperti jalur Tol Trans-Jawa dan Pelabuhan Patimban, untuk ekspor mobil juga dianggap Yohannes menjadi kontribusi besar pemerintah.
”Dampaknya positif. Pada Desember 2021 saja, tak kurang 100.000 mobil terjual. Rasanya kita (pengusaha otomotif) harus sadar diri untuk pelan-pelan bangkit tanpa sokongan pemerintah. Salah satunya melalui pameran Jakarta Autoweek yang khusus (untuk mendorong) penjualan ini,” kata Yohannes.
Karena karakter pameran yang fokus pada penjualan, maka produsen mobil peserta pameran memberi berbagai promosi dan keringanan bagi pelanggan, mulai dari potongan harga, bonus pembelian, hingga penawaran beragam skema pembiayaan.
”Sesuai dengan konsepnya, yaitu promo otomotif, pameran ini dipastikan dipenuhi berbagai promosi, baik dari produsen maupun lembaga pembiayaan. Pameran ini menjadi kesempatan terbaik bagi pengunjung untuk memiliki kendaraan dengan penawaran terbaik, kata Rizwan Alamsjah, Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo.
Produsen mobil yang mengikuti pameran ini adalah Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, dan Wuling. Adapun lembaga pembiayaan yang turut serta adalah Bank Syariah Indonesia, Mandiri Tunas Finance, Mandiri Utama Finance, dan MUF Syariah.
Pameran ini bisa didatangi pengunjung yang minimal telah mendapat dua kali vaksinasi. Anak berusia 6-12 tahun bisa diajak ke pameran selama telah mendapat vaksin minimal satu kali dan dengan didampingi orang dewasa. Tiket masuk pameran dibeli secara daring lewat aplikasi Auto360. Karcis untuk akhir pekan (Sabtu-Minggu) seharga Rp 70.000 per orang, sedangkan pada hari kerja Rp 50.000.
Selain mendatangi arena pameran, pengunjung juga bisa menengok secara virtual melalui aplikasi Auto360 mulai Minggu (13/3/2022). Pengunjung yang bertransaksi selama pameran berkesempatan memenangi undian berupa hadiah utama satu unit Hyundai Creta.
Rizwan mengaku tidak menetapkan berapa unit target penjualan mobil selama sembilan hari pameran. Berkaca pada penyelenggaraan GIIAS 2021 lalu, tak kurang dari 17.000 unit mobil terjual. ”Dengan berbagai promo, mudah-mudahan penjualannya lebih baik,” katanya.
Aneka model
Sejumlah agen pemegang merek (APM) peserta pameran telah menyiapkan jajaran produknya untuk dipamerkan. Mereka juga bakal memberikan diskon harga jual, juga peningkatan pelayanan purnajual.
Merek Morris Garage, atau MG, misalnya, akan menjual model MG ZS dengan harga mulai dari Rp 279,8 juta, dan model MG HS dengan harga Rp 395,8 juta on-the-road DKI Jakarta. Pembelinya dijanjikan garansi selama lima tahun tanpa batasan kilometer.
Merek Suzuki menyiapkan dua modelnya, yaitu XL7 dan All New Ertiga yang mendapat insentif PPnBM sebesar 50 persen. Selain potongan harga, pembelian dua model Suzuki itu juga akan mendapat cashback mulai dari Rp 2,5 juta, dengan syarat tertentu. ”Ada beberapa model mobil lainnya juga. Kami juga membawa replika sepeda motor yang berlaga di ajang MotoGP,” kata Harold Donnel Tampubolon dari Suzuki Indomobil Sales.
Merek Wuling membawa tujuh model mobilnya, seperti Wuling Almaz, Cortez, dan Confero. Semua model itu mendapat subsidi PPnBM, dan juga gratis servis berkala hingga 4 tahun, atau 50.000 kilometer. Sedangkan Nissan mengusung lima model, yaitu Livina, Magnite, Kicks, Serena, dan Leaf. Konsumen Nissan dijanjikan diskon tambahan sebesar Rp 5 juta.
Meski pameran ini berfokus pada penjualan, beberapa APM berencana mengenalkan produk barunya.
Toyota Astra Motor akan membawa 15 model, termasuk Toyota Voxy terbaru, yang bakal tampil pertama kalinya di hadapan publik. Mazda membawa lima model, dan membuka pemesanan untuk varian terkini CX-5 yang baru diluncurkan 1 April mendatang. Sementara Lexus akan meluncurkan mobil SUV terbarunya, yakni All New Lexus NX. (HEI)