logo Kompas.id
OpiniPemanfaatan Data Nasabah...
Iklan

Pemanfaatan Data Nasabah Perbankan

Lewat prinsip Knows Your Customer, perbankan memiliki data nasabah. Namun apakah pemanfaatannya sudah optimal?

Oleh
RICO USTHAVIA FRANS ANGGOTA STEERING COMMITTEE INDONESIA FINTECH SOCIETY
· 5 menit baca
Satpam bank kantor cabang utama (KCU) BCA Kalimalang, Jakarta Timur turut membantu nasabah yang membutuhkan bantuan saat mengurus kebutuhan perbankan, Jumat (26/2/2022). Satpam bank memiliki spesifikasi keahlian khusus di bidang perbankan agar dapat membantu para nasabah.
KOMPAS/RIZA FATHONI

Satpam bank kantor cabang utama (KCU) BCA Kalimalang, Jakarta Timur turut membantu nasabah yang membutuhkan bantuan saat mengurus kebutuhan perbankan, Jumat (26/2/2022). Satpam bank memiliki spesifikasi keahlian khusus di bidang perbankan agar dapat membantu para nasabah.

Clive Humby, seorang ahli matematika dan ilmuwan data, mengutarakan istilah ‘data is the new oil’. Data memang ibaratnya minyak bumi yang bila ditambang akan menghasilkan uang. Maka dari itu, ada istilah ‘data mining’.

Industri perbankan termasuk beruntung. Adanya proses Know Your Customer (KYC), memaksa bank mengumpulkan informasi pelanggan yang yang jarang dimiliki industri lain. Misalnya, industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG) tidak memiliki informasi individual pelanggan mereka. Siapa nama orang yang beli sabun? Alamatnya di mana? Berapa penghasilannya?

Editor:
FX LAKSANA AGUNG SAPUTRA
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000