logo Kompas.id
OpiniSaat Manusia Mulai Kalah...
Iklan

Saat Manusia Mulai Kalah dengan Sosok Virtual

Siapa di antara mereka yang palsu, apakah pemengaruh konvensional (manusia) atau pemengaruh virtual?

Oleh
ANDREAS MARYOTO
· 4 menit baca
Agensi pemengaruh (<i>influencer</i>) SIA Bangkok menunjukkan pemengaruh virtual Thailand bernama Ailynn. Fenomena global karakter fiksi mengaburkan batas antara dunia maya dan nyata seiring dengan terbentuknya pijakan di pasar pemengaruh bernilai miliaran dollar AS yang menguntungkan.
HANDOUT/SIA BANGKOK/AFP

Agensi pemengaruh (influencer) SIA Bangkok menunjukkan pemengaruh virtual Thailand bernama Ailynn. Fenomena global karakter fiksi mengaburkan batas antara dunia maya dan nyata seiring dengan terbentuknya pijakan di pasar pemengaruh bernilai miliaran dollar AS yang menguntungkan.

Perusahaan makin sering menggunakan pemengaruh (influencer) virtual dibandingkan menggunakan manusia untuk mempromosikan produknya. Apalagi, dengan teknologi kecerdasan buatan, mereka bisa menghadirkan sosok tiga dimensi sesuai keinginan merek. Lebih dari itu, ongkosnya lebih murah dan tidak rewel. Salah satu riset menyebutkan, ongkos pemengaruh virtual ini lebih murah 91 persen dibandingkan sosok riil.

Beberapa perusahaan teknologi telah mendorong mereka untuk menggunakan pemengaruh virtual berbasis kecerdasan buatan. Semula Amazon, Google, dan Meta mendorong pengiklan untuk menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk menghasilkan teks dan gambar iklan. Teknologi ini menjanjikan kinerja tinggi, biaya lebih rendah, dan penargetan yang sangat spesifik. Kini perusahaan teknologi mulai mendorong mereka untuk beriklan dengan menghadirkan sosok pemengaruh virtual tiga dimensi yang dihasilkan dari teknologi kecerdasan buatan.

Editor:
ANDREAS MARYOTO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000