Kasus ini sudah saya laporkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) lewat pengaduan daring dan sudah juga saya laporkan tertulis kepada pimpinan Citibank Indonesia, tetapi saya tetap ditagih per bulan.
Oleh
ISMAN PEPADRI
·1 menit baca
Saya pelanggan kartu kredit Citibank hampir 25 tahun dan dua kali pernah memanfaatkan Citi Ready Credit yang ditawarkan lewat telepon, terakhir pada 2019 (jika tak salah).
Dalam transaksi pembayaran dan penerimaan, saya selalu membayar dan menerima melalui rekening Mandiri dan BCA. Sejak 2019 saya tidak pernah memanfaatkan jasa Ready Credit, tetapi saya terus ditawari lewat telepon.
Pada 23 Mei 2023 saya menerima pemberitahuan lewat surel berupa surat e-Advice tentang persetujuan atas pengajuan Fitur Citi Quick Cash/Citi Quick Cash Top Up di Citibank Ready Credit dengan nilai besar sekali. Saya juga mendapat pemberitahuan tentang pemanfaatan fitur di atas lewat SMS dan saya dinyatakan telah menerima uang tersebut pada rekening atas nama saya (Isman Pepadri) di Bank X (bukan Bank Mandiri dan BCA).
Pada 15 Maret saya mendapat info ada yang meretas nomor HP saya, dan saya segera ganti kartu dengan nomor yang sama pada 17 Mei di Galeri Indosat. Selanjutnya, pada 24 Mei, saya ganti kartu dan ganti nomor.
Sejak 2019 saya tidak pernah memanfaatkan jasa Ready Credit, tetapi saya terus ditawari lewat telepon.
Saya telah menjawab lewat surel dan telepon kepada Citibank bahwa tidak pernah mengajukan fasilitas tersebut dan rekening penerima adalah bukan rekening saya, hanya namanya saja, dan semua identitas lain bukan diri saya. Sebagai bukti, sudah saya lampirkan Surat Keterangan Bukan Nasabah dari bank penerima seperti yang dicantumkan e-Advice.
Kasus ini sudah saya laporkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) lewat pengaduan daring dan sudah juga saya laporkan tertulis kepada pimpinan Citibank Indonesia, tetapi saya tetap ditagih per bulan.
Bagi saya yang sudah 60 tahun dengan kesehatan jantung yang tidak normal, masalah ini sangat menyulitkan dan mengganggu karena hampir setiap hari ditelepon. Mohon kiranya Edukasi dan Perlindungan Konsumen (EPK) OJK menyelesaikan kasus ini dan saya siap dipertemukan dengan Citibank.
Isman Pepadri, Jl Pangkalan Jati I, Cipinang Melayu, Jakarta Timur