logo Kompas.id
OpiniStrategi "First Mover" dan...
Iklan

Strategi "First Mover" dan Pemimpin Pasar

Perusahaan harus siap untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan permintaan pasar dan tuntutan konsumen agar tetap relevan dan unggul di tengah persaingan sengit.

Oleh
MANEREP PASARIBU
· 5 menit baca
Dalam pameran serangkaian Forum Teknologi Shell (Shell Technology Forum) 2019 di Nusa Dua, Bali, Selasa (3/9/2019), ditampilkan hasil inovasi dan pengembangan teknologi, di antaranya, mobil dengan bahan bakar hidrogen Antasena FCH 1.0 karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.
COKORDA YUDISTIRA

Dalam pameran serangkaian Forum Teknologi Shell (Shell Technology Forum) 2019 di Nusa Dua, Bali, Selasa (3/9/2019), ditampilkan hasil inovasi dan pengembangan teknologi, di antaranya, mobil dengan bahan bakar hidrogen Antasena FCH 1.0 karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Perusahaan yang mendapatkan keunggulan kompetitif adalah, perusahaan yang pertama bergerak untuk menjual produk atau jasa. Mereka akan menjadi pemimpin pasar (market leader). Strategi ini disebut first mover strategy.

Pertama, mari kita lihat definisi first mover. Menurut perspektif Management Strategi (Luo dan Peng, 1998), first mover adalah perusahaan atau individu atau organisasi yang mengambil inisiatif melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Editor:
HARYO DAMARDONO, ANDREAS MARYOTO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000