Banyak pencinta motor dan praktisi teknik melalui medsos mengulas penyebab keroposnya rangka eSAF.
Oleh
DJOKO MADURIANTO SUNARTO
·1 menit baca
Kasus rangka sepeda motor eSAF yang keropos akibat karatan dan berlanjut pada rangka motor yang patah di jalan terus bertambah.
Pabrikan rangka motor eSAF dan otoritas keselamatan transportasi nasional belum memberikan pernyataan ataupun kebijakan/tindakan pencegahan agar korban tidak semakin banyak.
Banyak pencinta motor dan praktisi teknik melalui medsos mengulas penyebab keroposnya rangka eSAF.
Korosi dimulai dari bagian dalam rangka eSAF. Melalui metode endoskopi menyusuri bagian dalam rangka eSAF, ditemukan beberapa area yang berkarat pada rangka eSAF yang relatif masih baru. Karat pada bagian dalam rangka dapat juga dideteksi dengan memukul-mukul per bagian sepanjang rangka eSAF.
Lapisan silikat yang diklaim bukan karat oleh pabrikan adalah lapisan yang harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum dilakukan proses coating. Lapisan silikat ini yang menyebabkan cat pada rangka akan terlepas dan membuka peluang untuk proses oksidasi pada rangka eSAF (proses karat).
Penggunaan cover penutup rangka yang tidak dilengkapi dengan lubang pembuangan air dapat menyebabkan air kotor tergenang berhari-hari, yang dapat memicu terjadinya proses karat.
Demikian agar menjadi perhatian para insinyur di pabrik ataupun otoritas keselamatan transportasi.