logo Kompas.id
OpiniUrusan Rokok yang Tak Kunjung ...
Iklan

Urusan Rokok yang Tak Kunjung Selesai

Pendekatan ”social marketing” dapat digunakan dalam upaya pengendalian kebiasaan merokok. Dengan pendekatan ini, pesan negatif diubah dengan pesan positif untuk memicu rasa percaya diri atau kesenangan atau kebanggaan.

Oleh
HARDIUS USMAN
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/9yo279xUmjWW-jZxDAUDPs9KzJY=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2023%2F09%2F07%2F4dcfa913-3893-4149-8a9a-0140af4d590a_jpg.jpg

Rupanya berbagai upaya yang dilakukan berbagai pihak untuk mengurangi, bahkan menghilangkan, konsumsi rokok di Indonesia tidak berjalan sesuai harapan.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik, penduduk usia 15 tahun yang merokok masih sebesar 28,25 persen, tidak berbeda signifikan dengan tahun-tahun sebelumnya. Sementara, menurut WHO, pada 2020 prevalensi perokok dewasa di Indonesia tertinggi kelima di dunia, yakni 37,6 persen. Jika ditinjau dari jumlah perokok, Indonesia menduduki peringkat ketiga di dunia, sebanyak 70,2 juta orang.

Editor:
SRI HARTATI SAMHADI, YOHANES KRISNAWAN
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000