Peraturan Menteri Perhubungan 77 Tahun 2011 menyebutkan, maskapai penerbangan bertanggung jawab atas hilang dan atau rusaknya barang penumpang dalam bagasi tercatat.
Oleh
Narissa A Puteh
·4 menit baca
Saya kehilangan barang dalam bagasi di Batik Air 7158. Saya curiga ada permainan bongkar bagasi dan kurangnya pengamanan maskapai Batik Air dalam menangani bagasi penumpang.
Minggu, 2 Juli 2023, saya menggunakan Batik Air 7158 dari Changi, Singapura, menuju Bandara Soekarno-Hatta, Banten. Saya membawa dua bagasi, koper dan tas jinjing. Saat pengambilan bagasi di Soekarno-Hatta, salah satu kotak yang harusnya berada di dalam tas jinjing ternyata berada di luar tas. Isinya, parfum yang saya beli di Singapura, sudah tak ada.
Kejadian ini saya laporkan ke bagian lost and found Batik Air. Pihak Batik Air mengatakan kotak tersebut sudah kosong ketika di Soekarno-Hatta. Aneh, mana mungkin kotak terbuka dan jalan sendiri di conveyor belt. Kalau barang tersebut diambil di Changi, Singapura, tentunya kotak sudah dibuang atau rusak tertimpa barang lain di bagasi. Sampai saya menulis surat ini di Kompas (3/7) belum ada up date terkait kehilangan barang tersebut.
Menurut Peraturan Menteri Perhubungan 77 Tahun 2011, maskapai penerbangan bertanggung jawab atas hilang dan atau rusaknya barang penumpang dalam bagasi tercatat.
Halte Bus Transjakarta terhubung dengan tangga menuju Stasiun MRT Lebak Bulus.
Kamis, 22 Juni 2023, saya terjengkang sewaktu menaiki eskalator menuju platform Stasiun MRT Lebak Bulus.
Saat naik, saya memegang railing eskalator sebelah kiri. Railing itu ternyata dalam kondisi tidak bergerak. Dalam hitungan detik, saya terjengkang, jatuh terduduk ke arah belakang.
Area punggung bawah dan tulang ekor saya masih terasa sakit sampai surat ini ditulis. Saya sebelumnya sudah memiliki masalah punggung bawah dan area tulang ekor sejak 1992.
Insiden ini sangat merugikan saya. Seandainya saat itu ada orang lain di belakang saya, kemungkinan lebih banyak lagi yang akan celaka.
Kondisi jalan harus prima agar pengguna jalan tidak celaka. Selain menjaga kebersihan jalan, perlu pengaturan pula jumlah maksimal beban kendaraan agar tidak membuat jalan ambles seperti di atas. KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO (03-12-2018)
Pada 26 Juni 2023, saya melewati Jalan MT Haryono dari Pancoran ke arah Cawang, betapa terkejutnya saya melihat banyak sekali kotoran tanah di jalan arteri tersebut, yang berasal dari bangunan gedung yang sedang dibangun.
Setahu saya, ada persyaratan untuk suatu proyek pembangunan, apabila kendaraan dari proyek akan keluar dan melintas ke jalan raya, kendaraan tersebut harus dibersihkan terlebih dahulu. Kalaupun membawa muatan, tidak boleh tercecer di jalan.
Namun, di Jakarta, seperti yang saya amati, kotornya lingkungan oleh para pengembang terjadi di mana-mana. Tidak ada pengawasan dari aparat.
Mohon kiranya kepada Pemprov DKI Jakarta agar memperhatikan hal ini supaya lingkungan dapat terjaga bersih.
Pejabat Gubernur DKI Jakarta sudah mencanangkan Jakarta akan menjadi kota global. Salah satu caranya adalah dengan menjaga kota dan fasilitas jalan tetap bersih.
Sejumlah aktivis membawa poster dan papan reklame yang berisikan tulisan "Keringan Pajak Daerah 2019". di kawasan Hari Bebas Kendaraan Bermotor, Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (22/9/2019). Kompas/Alif Ichwan22-09-2019
Dua tahun lalu, kami baru tahu bahwa pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bagi pensiunan bisa dapat diskon. Caranya, dengan mengajukan permohonan ke kantor pajak pemda setiap tahun.
Namun, saat kami mengajukan permohonan diskon ketiga kalinya untuk pembayaran PBB tahun 2023, ada pemberitahuan PBB 2023 tidak dicetak oleh pemda terkait.
Biasanya kami menerima tagihan PBB dari petugas satpam setelah RT/RW mendapat dari kantor kelurahan. Kali ini, kantor pajak pemda menyatakan bahwa PBB tahun 2023 harus dicetak sendiri dari internet.
Namun, setelah mencoba mengisi aplikasi lengkap dengan NOP PBB, NIK pemilik PBB, dan lainnya, muncul jawaban ”ada kesalahan, SPPT PBB 2023 belum tersedia”.
Karena penasaran, kami minta anak dan menantu membantu, maklum kami sudah berusia 78 tahun. Ternyata hasilnya sama. Tanya tetangga juga sama saja. Padahal, paling lambat pembayaran 31 Agustus 2023, terlambat kena denda.
Saran saya, setiap perubahan disosialisasikan dan berlangsung bertahap. Kalaupun sudah digitalisasi penuh, perlu ada opsi manual untuk mereka yang gaptek seperti saya. Jangan mempersulit warga.
Analisa Pemantauan KPI-Staf analis memonitor siaran televisi nasional di ruang Analisa Pemantauan Langsung Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat, Jakarta, Rabu (1/8/2018). Hasil survei KPI pada periode I memperlihatkan bahwa kategori program siaran televisi yang belum mencapai standar indeks kualitas KPI di antaranya berita (2,98), variety show (2,51) dan infotainment (2,35).
Infotainment salah satu program tayangan televisi yang menarik. Hampir semua stasiun televisi memiliki program hiburan tersebut dan menghadirkan bintang tamu pesohor.
Pada banyak program tersebut, lebih banyak komentar dari para host. Terkadang bintang tamu yang diundang hanya tertawa-tawa melihat para presenter saling bergurau.
Sebagai penonton yang ingin mendengar pendapat bintang tamu, hal itu bikin kesal karena yang diperoleh hanya omong kosong para presenter.
Sebagai penonton, saya juga kurang paham, mengapa dalam program infotainment harus menampilkan 4-5 presenter, kadang lebih. Dengan banyaknya orang yang tampil, membuat sebagian waktu terbuang. Penonton dipaksa menonton tampilan para presenter yang tak lucu dan mengesalkan.