logo Kompas.id
OpiniBisnis Pengantaran Makanan di ...
Iklan

Bisnis Pengantaran Makanan di Ujung Tanduk

Kelemahan secara umum adalah perusahaan aplikasi layanan pengantaran makanan tidak memiliki pembeda dalam bisnis mereka. Akibatnya, konsumen hanya akan menunggu platform yang memberi harga lebih murah.

Oleh
ANDREAS MARYOTO
· 5 menit baca
Andreas Maryoto
ILHAM KHOIRI

Andreas Maryoto

Kapan Anda terakhir mengorder makanan melalui aplikasi? Tidak sedikit yang mengatakan sebulan yang lalu, dua bulan yang lalu, tiga bulan yang lalu, dan seterusnya. Sebagian besar mengeluhkan harga makanan dan ongkos kirim yang makin mahal. Masa-masa pesan makanan dengan harga murah telah berakhir. Satu dua penawaran murah kadang muncul, tetapi sekadar pemanis dalam promosi.

Keluhan-keluhan soal harga yang makin mahal muncul sejak beberapa waktu lalu. Harga makanan memang menjadi mahal karena kenaikan harga sejumlah bahan makanan. Akan tetapi, pada waktu yang tidak berbeda ongkos pemesanan dan pengiriman juga dirasa membebani. Restoran juga mengaku terbebani dengan biaya aplikasi sehingga mereka kerap menaikkan harga makanan ke konsumen sebagai kompensasi sehingga beban tambahan harus ditanggung pembeli.

Editor:
SARIE FEBRIANE
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000