logo Kompas.id
OpiniPerikanan Berkelanjutan dengan...
Iklan

Perikanan Berkelanjutan dengan Transformasi Digital

Transformasi digital bagi perikanan berkelanjutan diperlukan dalam memberdayakan nelayan, pembudidayaan ikan, teknologi produksi, serta penguatan ekosistem bisnis perikanan dengan aliran informasi big data.

Oleh
Mira Maulida
· 5 menit baca
Nelayan menambatkan perahunya untuk menjual ikan hasil tangkapannya di TPI Maumere, Sikka, Nusa Tenggara Timur, Kamis (8/6/2023).
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO (TOK)

Nelayan menambatkan perahunya untuk menjual ikan hasil tangkapannya di TPI Maumere, Sikka, Nusa Tenggara Timur, Kamis (8/6/2023).

Pasar perikanan di Indonesia sangat signifikan dari segi konsumsi domestik maupun ekspor. Menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia, total nilai produk perikanan di Indonesia mencapai Rp 266 triliun pada tahun 2020. Permintaan pasar bervariasi karena perubahan permintaan global, kondisi pasar domestik, serta perubahan cuaca. Namun demikian, permintaan pasar perikanan negara berkembang masih mengalami kendala kesulitan pasokan (Gebremedhin, DKK, 2021).

Meskipun potensi produksi perikanan Indonesia besar, akan tetapi kontribusi terhadap PDB nasional masih sangat kecil yaitu 2,8 persen. Dari sisi hulu, teknologi hasil perikanan di Indonesia sudah waktunya untuk bertransformasi agar dapat memenuhi kebutuhan pasar domestik dan global, selain untuk menjaga ketahanan pangan nasional.

Editor:
HARYO DAMARDONO, ANDREAS MARYOTO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000