logo Kompas.id
OpiniMenyelisik Keinginan Audiens...
Iklan

Menyelisik Keinginan Audiens Media

Media arus utama tertantang untuk memproduksi konten sesuai minat audiens. Walakin, tetap perlu dibuat juga konten berdasarkan pertimbangan ruang redaksi.

Oleh
IGNATIUS HARYANTO
· 3 menit baca
Tampilan laman Kompas.id yang dibuka salah satu warga di Jakarta, Rabu (22/5/2019). Di tengah gempuran media sosial, media arus utama saat ini masih menjadi acuan informasi bagi warga.
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO

Tampilan laman Kompas.id yang dibuka salah satu warga di Jakarta, Rabu (22/5/2019). Di tengah gempuran media sosial, media arus utama saat ini masih menjadi acuan informasi bagi warga.

Audiens media hari ini sudah berbeda sekali dengan kondisi pada 10-20 tahun lalu. Dahulu, jurnalis di media mendapatkan informasi lebih awal, baik lewat kantor-kantor berita maupun dari hasil liputan di lapangan, untuk kemudian disajikan kepada audiensnya. Audiens akan menerima apa yang disajikan media. Informasi saat itu sifatnya lebih searah dan audiens dalam posisi pasif menerima apa yang terpublikasi di media.

Kini, lewat revolusi sejak internet ditemukan, audiens memiliki lebih banyak pilihan. Pilihan media menjadi sedemikian banyak. Berita lebih cepat diakses dalam lingkaran 24/7 (24 jam dalam satu minggu) dan yang paling penting, audiens hari ini juga bisa menjadi penyedia informasi bagi media. Akses terhadap informasi tidak lagi melulu dikuasai oleh orang media, tetapi audiens tertentu juga bisa mengakses bacaan yang sama, yang dibaca oleh jurnalis hari ini.

Editor:
ADI PRINANTYO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000