logo Kompas.id
OpiniMengapresiasi Ombudsman
Iklan

Mengapresiasi Ombudsman

Semula saya mengira tidak akan ada tanggapan dari lembaga Ombudsman Perwakilan Sumatera Utara. Ternyata keluhan saya—terkait kerusakan jembatan depan rumah tinggal saya dengan jalan—ditanggapi.

Oleh
Pangeran Toba P Hasibuan
· 2 menit baca
Data Ombudsman terkait jumlah laporan pelanggaran administrasi di sektor perekonomian pada 2022. Sebanyak 82 laporan dari total 132 laporan merupakan pelanggaran administrasi terkait penundaan berlarut. Kemudian disusul laporan terkait penyimpangan prosedur sebanyak 26 laporan.
AYU OCTAVI ANJANI

Data Ombudsman terkait jumlah laporan pelanggaran administrasi di sektor perekonomian pada 2022. Sebanyak 82 laporan dari total 132 laporan merupakan pelanggaran administrasi terkait penundaan berlarut. Kemudian disusul laporan terkait penyimpangan prosedur sebanyak 26 laporan.

Pengalaman pertama berhubungan dengan Lembaga Ombudsman membuktikan bahwa lembaga ini mampu bekerja cukup efektif dalam penyelesaian laporan masyarakat dan pengawasan pelayanan publik.

Semula saya pesimistis, mengira tidak akan ada tanggapan dari lembaga Ombudsman Perwakilan Sumatera Utara. Ternyata keluhan saya—terkait kerusakan jembatan yang menghubungkan rumah tinggal saya dengan jalan akibat perbaikan infrastruktur drainase oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan—ditanggapi.

Editor:
AGNES ARISTIARINI
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000