logo Kompas.id
OpiniPemuda sebagai Mitra Kebijakan
Iklan

Pemuda sebagai Mitra Kebijakan

Dalam pembangunan, pemuda harus dilibatkan sebagai mitra, bukan obyek. Kemenpora bisa berperan sebagai ”collaborative hub” atau tempat di mana sejumlah representasi dan inisiatif pemuda di berbagai titik berkumpul.

Oleh
CAZADIRA FEDIVA TAMZIL
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/tW0fclRR6UmL87JruIjNBNDpkWM=/1024x576/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2023%2F04%2F18%2Fe4c986e7-e4a0-4e5d-a91f-f2e9c386cede_jpg.jpg

Pelantikan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo pada 3 April 2023 membawa efek kejut untuk ranah kepemudaan Indonesia. Mengusung kekuatan representasi sebagai kaum milenial dan menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju (sekaligus menteri kedua termuda dalam sejarah RI), Menteri Dito diharapkan mendorong transformasi kepemudaan yang lebih masif dan inklusif. Hal ini sangat penting dan mendesak di tengah era bonus demografi Indonesia, di mana jumlah usia produktif melampaui usia nonproduktif.

Dalam wawancara dengan media, Menpora Dito menyampaikan beberapa prioritas arahan Presiden Joko Widodo terkait kepemudaan, antara lain kemajuan di bidang kewirausahaan pemuda. Saat ini, secara de facto, sudah cukup banyak inisiatif pemuda terkait kewirausahaan. Bagaimana sebaiknya arah transformasi kepemudaan diusung ke depan di bawah era baru Kemenpora?

Editor:
YOVITA ARIKA
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000