logo Kompas.id
OpiniTantangan Komunikasi Krisis di...
Iklan

Tantangan Komunikasi Krisis di Dunia Perbankan

Respons cepat dan terukur ini sangat boleh jadi menjadi contoh cara berkomunikasi yang pas di tengah kecemasan dan kepanikan pasar yang mudah muncul akibat berbagai rumor.

Oleh
Redaksi
· 2 menit baca
Foto ini memperlihatkan logo Deutsche Bank Brussels, di Brussels, Belgia, pada Sabtu (25/3/2023).
AFP/NICOLAS MAETERLINCK

Foto ini memperlihatkan logo Deutsche Bank Brussels, di Brussels, Belgia, pada Sabtu (25/3/2023).

Pasar saham global bergerak lebih tinggi pada pembukaan perdagangan Selasa (28/3/2023), setelah selama akhir pekan diliputi kekhawatiran dan tanda tanya mengenai bank mana lagi yang akan mengalami kesulitan keuangan. Pergerakan positif ini tak lepas dari kepastian adanya investor baru untuk Silicon Valley Bank. Akan tetapi, sejumlah analis dan pengambil kebijakan di sektor perbankan dan keuangan mengingatkan, sektor ini tetap rapuh apabila tidak ada perubahan regulasi yang lebih besar (Kompas, 29/3/2023).

Kunci dari keberhasilan menenangkan pasar awal pekan ini adalah kemampuan komunikasi dari otoritas yang ada. Kasus yang terakhir terjadi menimpa Deutsche Bank. Otoritas berhasil menenangkan publik di tengah berbagai isu dan gosip yang beredar setelah saham bank ini anjlok 14 persen pada akhir pekan lalu. Pada kesempatan pertama, Kanselir Jerman Olaf Scholz membantah kesamaan kasus Deutsche Bank dengan bank Swiss yang telah mengalami krisis sebelumnya, yaitu Credit Suisse.

Editor:
ANDREAS MARYOTO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000