logo Kompas.id
โ€บ
Opiniโ€บInovasi Berbasis Data dan...
Iklan

Inovasi Berbasis Data dan Transformasi Model Bisnis

Digitalisasi dalam membuat analisis model bisnis telah membantu praktik pengambil keputusan berdasarkan fakta yang sudah terjadi dan perkiraan yang mungkin terjadi.

Oleh
MANEREP PASARIBU
ยท 6 menit baca
Pemindai kode batang untuk layanan pembayaran menggunakan dompet digital tersedia di lapak penjual tahu gejrot di kawasaan Kembangan Selatan, Jakarta Barat, Senin (11/10/2021).  Gelombang digitalisasi yang dipercepat oleh pandemi Covid-19 harus disikapi dengan tepat dan difasilitasi untuk dapat tumbuh secara sehat bagi perekonomian masyarakat.
KOMPAS/RADITYA HELABUMI (RAD)

Pemindai kode batang untuk layanan pembayaran menggunakan dompet digital tersedia di lapak penjual tahu gejrot di kawasaan Kembangan Selatan, Jakarta Barat, Senin (11/10/2021). Gelombang digitalisasi yang dipercepat oleh pandemi Covid-19 harus disikapi dengan tepat dan difasilitasi untuk dapat tumbuh secara sehat bagi perekonomian masyarakat.

Mahadata (bigdata) dan transformasi digital tengah menjadi perhatian di kalangan dunia usaha dan pemerintahan. Teknologi tersebut ternyata membantu permudh kegiatan bisnis, meningkatkan efisien finansial, dan efektifitas mencapai sasaran perusahaan. Inovasi manajemen tersebut sangat diperlukan untuk mencapai atau mempertahankan keunggulan daya saing organisasi.

Transformasi model bisnis adalah proses mengubah cara kerja bisnis untuk meningkatkan efisiensi, memperoleh keuntungan, atau kedua-duanya. Banyak perusahaan melakukan transformasi model bisnis untuk bersaing di era digital saat ini. Transformasi ini dapat meliputi berbagai aspek bisnis, seperti operasi, strategi pendapatan, pemasaran, teknologi, dan lainnya.

Editor:
HARYO DAMARDONO, ANDREAS MARYOTO
Bagikan