logo Kompas.id
OpiniBPJS Kesehatan Kita
Iklan

BPJS Kesehatan Kita

BPJS Kesehatan telah berusia sembilan tahun. Para peserta BPJS Kesehatan yang telah membayar iuran ingin mendapatkan pelayanan kepesertaan dan kesehatan yang baik, mudah, dan cepat.

Oleh
SAMSURDJAL DJAUZI
· 5 menit baca
Warga mengurus kelengkapan administrasi untuk mendapatkan tanggungan biaya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di RS Siloam Semanggi, Jakarta, Senin (13/8/2018).
KOMPAS/RIZA FATHONI

Warga mengurus kelengkapan administrasi untuk mendapatkan tanggungan biaya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di RS Siloam Semanggi, Jakarta, Senin (13/8/2018).

Tidak terasa tahun depan usia BPJS Kesehatan kita telah mencapai 10 tahun. Saya menjadi anggota BPJS Kesehatan sejak tahun 2014. Harus diakui, kehadiran BPJS Kesehatan telah membantu masyarakat untuk menikmati layanan kesehatan di negeri kita. Jika sebelumnya banyak pasien yang tak berani berobat karena tidak ada biaya, sekarang BPJS Kesehatan membantu pembiayaan pengobatan. Memang BPJS Kesehatan masih punya kekurangan dan kita semua yang merasa menjadi pemilik BPJS Kesehatan perlu memberikan masukan dan usulan agar layanannya menjadi lebih baik.

Cakupan pembiayaan BPJS sudah cukup baik. Sudah banyak pengobatan atau tindakan kedokteran yang dibiayai BPJS, termasuk cuci darah dan cangkok ginjal. Masalah yang sering dikeluhkan adalah rumitnya administrasi. Kita memahami dana BPJS yang ada harus dijaga dengan baik sehingga dapat disalurkan sesuai kebutuhan masyarakat. Kita ingin BPJS dapat membiayai pengobatan dengan sistem yang bersahabat. Peserta tidak diminta untuk bolak-balik mengurus administrasi serta membuat fotokopi berkas yang tak sedikit. Untuk memfotokopi kadang-kadang harus mengantre cukup panjang dan jika dijumlahkan juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Keluhan lain adalah pasien penyakit kronik yang ingin mudah dalam mengambil obat dan lebih jarang jika keadaan penyakitnya stabil. Sekarang BPJS masih mewajibkan pasien datang sebulan sekali dan harus hadir sendiri tidak boleh diwakilkan. Bagi sebagian besar pasien, kewajiban ini dapat dilaksanakan, tetapi sebagian yang lain kesulitan, baik karena tempat tinggalnya jauh maupun lokasi pekerjaannya.

Editor:
ADHITYA RAMADHAN
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000