logo Kompas.id
OpiniTak Cukup Hanya Digitalisasi
Iklan

Tak Cukup Hanya Digitalisasi

Lima tahun kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berakhir. Digitalisasi sejumlah pelayanan terwujud, tinggal memperluas pengguna.

Oleh
Redaksi
· 2 menit baca
Jumat (14/10/2022) menjadi Jumat terakhir Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Agenda pamitan sudah berlangsung sejak 1,5 bulan terakhir dan pamitan kepada ASN dilakukan Jumat ini.
HELENA FRANSISCA NABABAN

Jumat (14/10/2022) menjadi Jumat terakhir Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Agenda pamitan sudah berlangsung sejak 1,5 bulan terakhir dan pamitan kepada ASN dilakukan Jumat ini.

Warga Jakarta cukup beruntung karena bisa dengan mudah mengadukan setiap masalah publik yang mereka temui sehari-hari. Sejak beberapa tahun terakhir, Jakarta memiliki sistem Citizen Relation Management atau diberi nama lain Cepat Respons Masyarakat (CRM).

Sistem ini dikembangkan Badan Layanan Umum Daerah Jakarta Smart City (JSC) yang sejak 2014 hadir untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi demi memaksimalkan pelayanan publik di Jakarta. CRM melayani permintaan atau pengaduan layanan melalui 13 kanal resmi, baik tatap muka maupun dalam jaringan. (Kompas, 14/10/2022).

Editor:
ADI PRINANTYO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000