logo Kompas.id
OpiniMembuat QRIS Semakin Perkasa
Iklan

Membuat QRIS Semakin Perkasa

QRIS memang hebat. Namun, ada hal fundamental yang bisa dilakukan untuk membuat QRIS lebih perkasa lagi, yaitu dengan tidak menempatkan QRIS sebagai instrumen pembayaran, tetapi hanya sebagai mekanisme pembayaran.

Oleh
RICO USTHAVIA FRANS
· 5 menit baca
Petugas kasir melayani pembayaran secara digital melalui QRIS (<i>quick respons code Indonesian standard</i>) dalam pameran Karya Kreatif Indonesia 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (26/5/2022).
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Petugas kasir melayani pembayaran secara digital melalui QRIS (quick respons code Indonesian standard) dalam pameran Karya Kreatif Indonesia 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (26/5/2022).

Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia atau ASPI beserta seluruh penyedia jasa sistem pembayaran patut diacungi jempol terkait kiprah membangun QRIS—quick response code Indonesia standard—sebagai salah satu infrastruktur pembayaran ritel nasional. Sejak diluncurkan BI pada Agustus 2019, QRIS berkembang pesat.

Menurut ASPI, per Juni 2022, ada 19 juta merchant QRIS yang per bulan menerima 79 juta transaksi dengan nilai Rp 9,5 triliun. Angka ini cukup signifikan dibandingkan dengan nilai transaksi bulanan kartu debit sebesar Rp 46 triliun, kartu kredit Rp 25 triliun, serta uang elektronik Rp 32 triliun.

Editor:
NUR HIDAYATI
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000