logo Kompas.id
OpiniGenerasi ”Digital Native” dan ...
Iklan

Generasi ”Digital Native” dan Media Sosial

Eksistensi generasi ”digital native” memiliki dua posisi berbeda. Pertama, sebagai aset berharga bangsa. Kedua, sebagai ancaman mengerikan mengingat ringkat literasi yang masih rendah.

Oleh
ADJIE SURADJI
· 5 menit baca
Ilustrasi
SUPRIYANTO

Ilustrasi

Generasi digital native adalah generasi milenial atau mereka yang lahir pada 1981-1995 dan generasi Z atau mereka yang lahir pada 1996-2010, sebagai generasi yang sejak mulai belajar menulis/membaca, beraktivitas, dan berinteraksi sudah mengenal sekaligus memanfaatkan teknologi internet (gawai) dan media sosial.

Media sosial (medsos) ibarat pisau bermata dua. Satu sisi (positif) sangat efektif untuk berinteraksi dan mentransformasikan praktik komunikasi. Di sisi lain (negatif) bisa digunakan untuk propaganda politik yang bersifat agitatif dan provokatif (ujaran kebencian) yang berdampak mengerikan.

Editor:
YOVITA ARIKA
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000