logo Kompas.id
โ€บ
Opiniโ€บMengawal Arah Transformasi...
Iklan

Mengawal Arah Transformasi Pendidikan

Reformasi pendidikan berawal dan berakhir pada guru. Karena itu kualitas guru memegang peranan penting. Perekrutan guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja maupun program guru penggerak menjadi jalan untuk itu.

Oleh
LILIS ERFIANTI
ยท 1 menit baca
https://dmm0a91a1r04e.cloudfront.net/GDsUux8TydFQkSeidAdzSYK8w70=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2022%2F01%2FIlustrasi-opini-pendidikan_1642342272.jpg
Kompas

Heryunanto

Menarik membaca tulisan Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemedikbudristek Iwan Syahril yang termuat di media ini dengan judul โ€˜Antitesis Pendidikanโ€™ (Kompas, 21/12/2021). Mengapa demikian penting untuk ditanggapi? Selain hampir seluruh isi tulisan itu merupakan bentuk pernyataan jujur pemerintah atas kondisi pendidikan Indonesia, pada sisi lain hal itu membuat daerah merasa berani lebih bersuara dan terbuka dimana selama ini terkesan ditahan.

Dahulu, guru jika terlalu kritis rentan terancam sanksi mutasi.  Alhasil itu berdampak pada kondisi mereka yang lagi-lagi jatuh pada pilihan lebih baik memilih โ€˜jalur amanโ€™ sekadar bertahan alih-alih mengajar ketimbang berinovasi. Sebab, bagaimanapun inovasi atau perubahan apapun tidak bisa ditempuh dengan cara-cara kovensional disertai argumentasi normatif.

Editor:
Yovita Arika
Bagikan