logo Kompas.id
OpiniMaha Data Menjadi Komoditas...
Iklan

Maha Data Menjadi Komoditas Paling Berharga

Sejak data terbukti memberi nilai ekonomi bagi organisasi dan negara, maka setiap tahun pusat kajian statistik menyediakan proyeksi pertumbuhan ekonomi diantaranya untuk perencanaan pelbagai kantor pemerintah.

Oleh
Albert Widjaja
· 6 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/1rpVvSeJjFxayG5bvWr2dcjoEm0=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F06%2F8ee5e67f-2e1a-4c3a-8eb8-09a393fc062c_jpg.jpg
KOMPAS/Cloud Press Photos

Dalam foto yang diambil pada 26 Januari 2012, tampak barisan server milik Google Cloud Platform (GCP) di Mayes County, Oklahoma, AS.

Kita hidup dengan data yang dibuat dari aktivitas kita atau dari orang lain, bahkan dari peristiwa di masyarakat. Sebaliknya, kita memperoleh data tidak hanya berupa berita surat kabar yang dinanti setiap hari, tetapi juga dari media sosial, ponsel, dan surat elektronik.

Data bisa menggambarkan tren dan memberi kejutan di masyarakat, yang bisa dicari oleh semua orang. Olah karena itu, data merupakan komoditas yang bisa dimiliki oleh siapapun dan kadang diperoleh tanpa membayar. Data dapat digunakan untuk kepentingan bisnis, politik, komunikasi, pendidikan, dan banyak lagi.

Editor:
Andreas Maryoto, Haryo Damardono
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000